Ahad 31 May 2020 12:31 WIB

Sejumlah Atlet Dunia Bereaksi Atas Kematian George Floyd

Kematian George Floyd telah menyebabkan kemarahan.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Demonstran melempar batu ke arah Kantor Polisi di Minneapolis, Rabu (27/5). Aksi solidaritas atas tewasnya George Floyd dalam tahanan polisi, di Minneapolis, Minnesota, AS, berujung rusuh
Foto: AP/Carlos Gonzalez
Demonstran melempar batu ke arah Kantor Polisi di Minneapolis, Rabu (27/5). Aksi solidaritas atas tewasnya George Floyd dalam tahanan polisi, di Minneapolis, Minnesota, AS, berujung rusuh

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kematian George Floyd telah menyebabkan kemarahan dan rasa sakit bagi banyak orang di seluruh dunia, termasuk para atlet. Mereka menggunakan platform media sosial untuk mengekspresikan perasaan marah mereka atas kesewenang-wenangan polisi Amerika Serikat yang mengakibatkan kematian Floyd. 

Saat ribuan orang berunjuk rasa di jalan-jalan menuntut kematian pria Afro-Amerika tersebut, para atlet menggunakan platform media sosial mereka menyuarakan pendapat. Berikut ini pernyataan para atlet atas kematian George Floyd, seperti dikutip dari AS, Ahad (31/5):

Baca Juga

Colin Kaepernick

Mantan gelandang 49ers ini menjadi simbol perjuangan rasial yang mengedepankan prinsip-prinsipnya sebelum kariernya di Liga Sepak Bola Amerika (NFL). Pertandingan terakhirnya adalah pada tahun 2016 ketika dia berlutut saat menyanyikan lagu kebangsaan Amerika Serikat sebelum pertandingan, sebagai protes terhadap kekerasan polisi atas perlakuan pada warga kulit hitam.

"Ketika kesopanan menyebabkan kematian, pemberontakan adalah satu-satunya reaksi logis. Seruan untuk perdamaian akan turun, dan ketika mereka melakukannya, mereka akan mendarat di telinga yang tuli, karena kekerasan Anda telah membawa perlawanan ini. Kami memiliki hak untuk melawan! Beristirahatlah dalam Kekuasaan George Floyd," tulisnya dalam Twitter.

Lebron James

Superstar NBA menambahkan suaranya ke protes dan memposting gambar Kaepernick berlutut pada tahun 2016 di samping gambar perwira polisi yang membunuh Floyd. "Apakah kamu mengerti sekarang? Atau apakah itu masih kurang jelas untuk Anda? #StayWoke," tulisnya.

Stephen Jackson

Mantan pemain NBA ini mempublikasikan video melalui Instagram yang mengungkapkan perasaannya tentang kematian George Floyd. Jackson mengatakan bahwa dia sedih karena petugas itu memberi tekanan pada Floyd dan bagaimana dia tidak peduli dengan akibatnya. Dia menuntut keadilan.

Stephen Curry

Bintang Golden State Warriors mengatakan bahwa George Floyd punya keluarga dan dia tidak pantas mati. Curry memposting foto polisi yang sedang berlutut di leher Floyd ketika dia berteriak bahwa dia tidak bisa bernapas.

Tom Brady

Quarterback The Tampa Bay Buccaneers bergabung dalam protes dan memposting cerita pada halaman Instagram-nya menuntut keadilan atas kematian George Floyd.

Kylian Mbappe

Pemenang Piala Dunia bersama Prancis itu menggunakan akun Twitter-nya untuk menuntut keadilan bagi George Floyd.

JJ Watt

Salah satu pemain defensif terbaik di NFL juga mengunggah video yang mengungkapkan perasaannya tentang kematian Floyd. "Saya sudah melihat videonya dan saya pikir itu menjijikkan. Aku tidak mengerti bagaimana itu tidak bisa diselesaikan dengan cara yang tidak berakhir dengan kematiannya," tulisnya.

Weston McKennie

Pesepak bola timnas Amerika Serikat ini mengenakan ban di lengan kanannya yang menuntut keadilan bagi George Floyd saat memperkuat Schalke 04 melawan Werder Bremen dalam pertandingan Bundesliga Jerman, Sabtu (30/5).

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement