Rabu 10 Jun 2020 20:36 WIB

Widya, Speaker Pintar Karya Anak Bangsa

Speaker Widya terdiri dari

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Speaker Widya Wicara Prima.
Foto: shoppee
Speaker Widya Wicara Prima.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seiring perkembangan teknologi yang makin pesat, beragam perangkat canggih kini terus diminati. Salah satunya adalah speaker pintar. Alat ini dianggap sebagai salah satu perangkat penunjang gaya hidup.

Beberapa waktu lalu, PT Widya Informasi Nusantara memperkenalkan speaker pintar karya anak bangsa Indonesia, Widya Wicara Prima. Speaker pintar berbahasa Indonesia ini dilengkapi kecerdasan buatan (AI) dan neutral language processing (NLP) untuk memproses pertanyaan dan perintah suara yang diberikan oleh penggunanya.

Baca Juga

Teknologi tersebut membuat suara yang dihasilkan speaker pintar ini terdengar sangat natural dan interaktif, layaknya berbicara dengan teman di kehidupan sehari-hari. Diharapkan, hadirnya speaker pintar Widya Wicara Prima bisa menjadi sahabat pengguna, terutama di tengah kondisi yang mengharuskan masyarakat untuk tetap di rumah saja.

Widya Wicara Prima dibekali dengan fitur-fitur unggulan. Mulai dari, pemutar musik, radio, podcast dengan beragam tema, informasi seputar kesehatan, pantau korona, membaca Alquran, berita, perkiraan cuaca, kalender, membaca buku, hingga kuis interaktif di periode ter tentu. Dalam menyampaikan informasi, speaker ini memiliki sumber yang kredibel, seperti Svara, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Pro Sehat, Audio Buku, Muslimnesia, dan sumber-sumber lainnya.

Chief Marketing Officer (CMO) PT Widya Informasi Nusantara Handlee Susanto mengatakan, selain dapat menjadi sahabat dekat masyarakat Indonesia dengan memberikan fitur penunjang keseharian, Widya Wicara Prima juga berusaha membiasakan penggunanya berinteraksi dengan teknologi berbasis suara.

Itulah mengapa Widya berkolaborasi dengan beragam aplikasi digital untuk menyajikan konten lokal yang kredibel dan dekat dengan masyarakat Indonesia. "Kami merancang Widya untuk menjadi semakin pintar seiring berjalannya waktu. Kami berharap, Widya juga mampu mencerdaskan masyarakat dengan memberi akses informasi yang berguna," ujar Handlee dalam online media session.

Selain itu, Chief Operator Officer (COO) PT Widya Informasi Nusantara Patrick Fernando Simamora mengungkapkan, Widya Wicara Prima dibekali dengan memori 8GB dan enam mikrofon. Kapasitas memori internal ini bertujuan agar pengguna dapat mengisi Widya dengan lagu-lagu berformat mp3.

"Bila tidak terkoneksi dengan internet atau lagi memutus jaringan internet, (pengguna) tetap dapat mendengarkan lagu-lagu (atau) musik kesukaan," kata Patrick.

Patrick melanjutkan, enam mikrofon yang dimiliki Widya bertujuan agar perangkat ini sensitif mendengarkan perintah suara. Termasuk juga memiliki kualitas suara yang sangat baik.

Saat ini, speaker Widya bisa didapatkan baik secara daring dan nantinya secara luring di gerai yang berada di beberapa kota, seperti Jabodetabek, Medan, Pekanbaru, Semarang, Yogyakarta, Solo, Surabaya, dan Makassar. Produk ini di pasarkan dengan harga Rp 1,5 juta dengan dua pilihan warna, yaitu hitam dan putih.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement