Kamis 20 Aug 2020 19:10 WIB

Kasus Positif Covid-19 di Kabupaten Cirebon Terus Melonjak

Tes usap di Kabupaten Cirebon akan ditingkatkan dengan bantuan PCR portable.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Nur Aini
Petugas medis dari Dinas Kesehatan Kota Tangerang melakukan tes usap atau swab test, ilustrasi
Foto: ANTARA/Muhammad Iqbal
Petugas medis dari Dinas Kesehatan Kota Tangerang melakukan tes usap atau swab test, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON – Kasus konfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Cirebon terus mengalami lonjakan setiap harinya. Pemeriksaan swab dengan metode PCR pun semakin ditingkatkan dengan adanya bantuan PCR portable dari Pemprov Jabar.

Berdasarkan informasi yang dirilis Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Cirebon, kasus positif Covid-19 pada Kamis (20/8) bertambah tujuh orang. Sehari sebelumnya juga terdapat penambahan enam kasus positif baru.

Baca Juga

Dengan demikian, total kasus positif Covid-19 di Kabupaten Cirebon hingga Kamis (20/8) tercatat ada 148  orang. Dari jumlah itu, sebanyak 70 orang masih dalam perawatan di RS atau isolasi mandiri, 71 orang dinyatakan sembuh dan tujuh orang meninggal dunia.

Sementara itu, untuk penambahan tujuh kasus baru positif Covid-19 pada hari ini, hanya ada satu orang yang dirawat di RSUD Gunung Jati karena mengalami gejala. Sedangkan enam orang lainnya hanya menjalani isolasi mandiri karena tanpa gejala.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon, Enny Suhaeni, mengatakan, peningkatan kasus positif Covid-19 itu sejalan dengan meningkatnya tes swab dan upaya pelacakan yang mereka lakukan. Bahkan, tes usap maupun pelacakan akan semakin masif karena pihaknya baru mendapatkan bantuan mesin PCR portable dari Provinsi Jabar.

‘’Mesin ini bisa dibawa kemana-mana, sampai ke pelosok-pelosok buat tracing,’’ tukas Enny.

Enny menambahkan, mesin PCR portabel itu dalam sekali pemeriksaan bisa memeriksa delapan sampel. Hasilnya pun bisa diketahui hanya dalam waktu 45 menit. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement