Selasa 08 Sep 2020 13:24 WIB

Pengadilan Paris Tayangkan Gambar Penyerangan Charlie Hebdo

Pengadilan pelaku penyerangan Charlie Hebdo digelar.

Sketsa ruang sidang yang dibuat pada 2 September 2020 di gedung pengadilan Paris menunjukkan 14 terdakwa dan pengacara mereka dengan mengenakan masker. Forum ini merupakan sidang hari pertama para pelaku pembunuhan awak redaksi koran Charlie Hebdo yang terjadi pada tahun 2015.
Foto: timesof israel
Sketsa ruang sidang yang dibuat pada 2 September 2020 di gedung pengadilan Paris menunjukkan 14 terdakwa dan pengacara mereka dengan mengenakan masker. Forum ini merupakan sidang hari pertama para pelaku pembunuhan awak redaksi koran Charlie Hebdo yang terjadi pada tahun 2015.

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS, -- Pengadilan Paris pada Senin menayangkan  gambar grafis adegan serangan ruang berita Charlie Hebdo tahun 2015, yang membuat penonton yang ketakutan meninggalkan ruangan sambil menangis.

Lebih dari lima tahun setelah pembantaian di Charlie, gambar CCTV dan gambar polisi yang diambil selama dan tepat setelah serangan itu kini ditampilkan lagi. Penayangan di ruang pengadilan ini menimbulkan emosi yang kuat para pengunjung sidang.

"Beberapa orang mungkin menganggap adegan ini mengganggu," kata hakim ketua pengadilan, Regis de Jorna, saat persidangan sedang berlangsung seperti dilansir dari laman Timesofisrael.

Menang, begitu penayangan dimulai, beberapa penyintas serangan meninggalkan ruangan sambil menangis. Di dalam kotak tertuduh, beberapa orang menontonnya, sementara yang lain membuang muka.

Semua orang mengambil gambar dari kekerasan ekstrem dari serangan itu dalam keterkejutan dan keheningan yang sedingin es. Ruangan sidang terdiam.

  • Keterangan foto: Petugas pemadam kebakaran membawa seorang pria yang terluka dengan tandu di depan kantor surat kabar satire Prancis Charlie Hebdo di Paris pada 7 Januari 2015.

'Tidak manusiawi'

“Apa yang baru saja kami lihat memang tidak manusiawi,” kata Caty Richard, pengacara salah satu partai sipil. "Mereka adalah mesin pembunuh."

Dalam tayangan, saat itu pukul 11:33 pada hari Rabu, 7 Januari 2015, ketika Kouachi bersaudara, Cherif dan Said, memasuki tempat Charlie Hebdo di Paris. Keduanya kemudian  membunuh 10 orang dalam waktu kurang dari dua menit.

Secara total, 12 orang, termasuk beberapa kartunis paling terkenal di Prancis, ditembak mati di tempat kejadian.

https://static.timesofisrael.com/www/uploads/2020/09/000_1WX9SE-2.jpg

Keterangan foto: Sketsa 14 orang yang dituduh membantu kekerasan bersenjata yang menyerang mingguan satire Prancis Charlie Hebdo dan supermarket Yahudi yang diadili, 2 September 2020, Paris.

Mantan kepala unit antiteror kepolisian Paris, Christian Deau, tampak berada di pengadilan ketika menyampaikan gambar peristiwa tersebut. Dia menyampaikan fakta yang tenang dan hampir klinis menonjolkan kengerian akunnya.

  • Keterangan Foto: Inilah gambar yang berasal dari Prefektur Polisi Paris Kamis, 8 Januari 2015, yang menunjukkan tersangka Cherif Kouachi, kiri, dan Said Kouachi.

Gambar grafis pertama, diambil oleh polisi tepat setelah kedatangan mereka. Di situ tampak pintu masuk yang digunakan oleh kedua bersaudara itu tepat sebelum menembak jatuh webmaster surat kabar tersebut, Simon Fieschi, yang kemudian dievakuasi, mengalami luka parah.

Di kamar sebelah, Moustapha Ourrad, seorang copyeditor yang bekerja di Charlie Hebdo selama 30 tahun, terlihat sekarat di genangan darahnya sendiri.

Gambar ruang konferensi utama menunjukkan banyak mayat, mati atau sekarat di tengah printer dan tumpukan kertas cetak.

  • Keterangan foto: Petugas polisi berjaga di luar gedung pengadilan Paris, pada 2 September 2020, pada hari pembukaan persidangan 14 tersangka kaki tangan dalam pembunuhan jihadis Charlie Hebdo.

Secara total, 33 selongsong peluru ditemukan di tempat kejadian perkara, 21 dari senjata Cherif Kouachi saja.

"Polisi menemukan tujuh peluru di tubuh pemimpin redaksi Stephane Charbonnier, yang dikenal sebagai Charb, ditembakkan dari jarak dekat kurang dari 10 sentimeter (empat inci)," kata Deau.

Gaya eksekusi

"Lintasan peluru yang ditemukan di tubuh sebagian besar kartunis yang terbunuh itu konsisten dengan pembunuhan gaya eksekusi dari belakang", tambah Deau.

Rekaman video sirkuit tertutup menunjukkan para pembunuh tampak tenang dan bertekad selama serangan itu. Dan juga tampak selama liburan mereka, ketika mereka dengan santai membunuh seorang petugas polisi, Ahmed Merabet, yang sudah berada di tanah.

  • Keterangan foto: Pendukung klub sepak bola, Guingamp memegang tanda bertuliskan "Je suis Charlie" (Saya Charlie) untuk memberi penghormatan kepada para korban serangan Charlie Hebdo selama pertandingan sepak bola L1 Prancis antara Guingamp dan Lens di stadion Roudourou di Guingamp, Prancis barat, pada 10 Januari, 2015.

Setelah baku tembak berkelanjutan dengan beberapa unit polisi, kedua pembunuh itu meninggalkan kendaraan mereka yang jendelanya telah ditembakkan berkeping-keping.

"Polisi kemudian menemukan cukup senjata tambahan di dalam mobil untuk membuat mereka percaya bahwa saudara-saudara itu mungkin merencanakan lebih banyak serangan," kata Deau.

Polisi membunuh dua bersaudara ini dua hari kemudian setelah perburuan ekstensif.

Kini, empat belas tersangka kaki tangannya diadili sehubungan dengan serangan Charlie Hebdo, dan dengan serangan terkait di supermarket Yahudi.

Keterangan foto: Salah satu pengacara salah satu terdakwa, Jean Chevais, tiba di gedung pengadilan Paris, pada 2 September 2020, untuk sidang pembukaan sidang 14 tersangka kaki tangan dalam pembunuhan orang bersenjata di Koran Charlie Hebdo.

Pembunuhan itu memicu serangkaian serangan di tanah Prancis. Ini termasuk serangan "serigala tunggal" oleh orang-orang yang dikatakan terinspirasi oleh kelompok Negara Islam yang telah merenggut lebih dari 250 nyawa.

Sidang dimulai pekan lalu di bawah pengamanan ketat ketika 11 dari tersangka menghadapi pengadilan atas tuduhan konspirasi dalam tindakan teroris atau terkait dengan kelompok teror.

Tiga orang lainnya, termasuk istri salah satu pria bersenjata, diadili secara in absentia, karena mereka melarikan diri ke wilayah yang dikuasai ISIS di Suriah beberapa hari sebelum serangan.

Pengadilan akan mendengarkan kesaksian korban penyerangan pada hari Selasa dan Rabu pekan ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement