Rabu 11 Nov 2020 16:27 WIB

Lukisan Ed Sheeran Laku Terjual Rp 746 Juta

Dengan merampungkan lukisan, Ed Sheeran menunjukkan bakatnya di luar musik.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Penyanyi Ed Sheeran. Lukisan Ed Sheeran yang terpengaruh gaya Jackson Pollocky laku sekitar Rp 746 juta saat dilelang.
Foto: EPAe
Penyanyi Ed Sheeran. Lukisan Ed Sheeran yang terpengaruh gaya Jackson Pollocky laku sekitar Rp 746 juta saat dilelang.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Tidak hanya jago bermusik, Ed Sheeran juga punya bakat melukis. Orang tua Sheeran mengatakan, putra mereka sudah menunjukkan minat dalam bidang seni sejak kecil. Kini, Sheeran kembali mengasah talenta itu.

Untuk pertama kalinya, musisi Inggris tersebut menjual lukisannya dalam sebuah lelang amal. Lukisan Sheeran yang diberi judul "Dab 2" berhasil terjual dengan harga 40 ribu poundsterling atau sekitar Rp 746 juta.

Baca Juga

Sheeran bercerita, lukisan penuh warna tersebut dinamai "Dab 2" karena sejak kecil sang musisi dipanggil dengan nama kecil Dab oleh sang ayah. Sang musisi sangat menikmati prosesnya merampungkan lukisan itu.

Suami dari Cherry Seaborn itu butuh 30 hari untuk menyelesaikan lukisan "Dab 2". Sheeran menyebut karyanya terpengaruh gaya Jackson Pollocky, pelukis Amerika Serikat yang mendalami aliran abstrak ekspresionis.

Dia merampungkan lukisan di kediamannya di Suffolk, tempat tinggal bersama istri dan anaknya. Pelantun lagu "Thinking Out Loud" itu membeli cat, membuat lapisan dengan teknik ala dia, dan bersenang-senang.

"Aku membuat karya seni dengan caraku. Tidak ada bagian dalam proses kreatif yang perlu dihakimi, karena kau melakukannya untuk dirimu sendiri. Kreativitas adalah hal menakjubkan yang membuat bahagia," ucapnya.

Musisi pop itu mendonasikan lukisan "Dab 2" kepada lelang amal "Ed Sheeran: Made In Suffolk Legacy". Penggalangan dana ditujukan untuk membantu anak-anak dan generasi muda di East Anglia yang difabel serta mengidap penyakit kronis.

Bersama lukisan "Dab 2", terdapat sejumlah barang dan memorabilia milik Sheeran yang dilelang. Keseluruhan lelang mengumpulkan dana sebesar 406 ribu poundsterling atau sekitar Rp 7,57 miliar.

Lukisan karya Ben Mosley dengan objek sang musisi, berjudul "Ed and the Castle" berhasil dilelang sebesar 20 ribu poundsterling. Lirik lagu "Perfect" tulisan tangan Sheeran yang bertanda tangan juga sukses dilelang 23.500 poundsterling.

Lebih dari 220 koleksi memorabilia dan karya seni telah dilelang. Bukan cuma berbagai skrip dan sketsa, tapi juga mainan Lego masa kecil Sheeran. Sang musisi juga berdonasi sebesar 100 ribu poundsterling.

Orang tua Sheeran, John dan Imogen Sheeran, sebelum ini menggagas pameran "Ed Sheeran: Made in Suffolk" di Ipswich. Sejumlah barang yang dipamerkan memuat cerita Sheeran sampai berhasil menjadi musisi berskala internasional.

Sang ayah juga mengomentari lukisan putranya. "Lukisan yang energik dan ekspresif ini menunjukkan afirmasi positif atas kehidupan. Seperti sebuah visual yang selaras dengan lagu-lagu upbeat-nya," kata John, dikutip dari laman The Sun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement