Kamis 19 Nov 2020 20:37 WIB

Jawaban China Soal Penghancuran Masjid dan Larangan Haji

Pemerintah Xinjiang China bantah hancurkan masjid dan larang haji

Rep: Fuji E Permana/ Red: Nashih Nashrullah
Pemerintah Xinjiang China bantah hancurkan masjid dan larang haji. Polisi melintas di depan sebuah masjid di Xinjiang, China
Foto: AP Photo
Pemerintah Xinjiang China bantah hancurkan masjid dan larang haji. Polisi melintas di depan sebuah masjid di Xinjiang, China

REPUBLIKA.CO.ID, XINJIANG – Sangat tidak benar mengatakan bahwa ribuan masjid dan situs keagamaan lainnya di Daerah Otonomi Xinjiang Uighur telah dihancurkan atau ditutup secara permanen. Hal ini dikatakan pejabat senior di Xinjiang, China pada konferensi pers sebagai jawaban atas pertanyaan media asing pada Rabu (19/11).  

Xinjiang tidak pernah menghancurkan atau menghancurkan secara paksa situs keagamaan. Sebaliknya, Xinjiang telah mengambil serangkaian tindakan untuk melindungi mereka. 

Baca Juga

Situs keagamaan dalam penggunaan normal, kata Juru Bicara Kantor Informasi Pemerintah Daerah Xinjiang, Elijan Anayit, dilansir dari laman Global Times, Kamis (19/11). 

Elijan menanggapi pertanyaan yang diajukan Bloomberg yang menghadiri konferensi pers virtual pada Rabu (18/11).  

Menanggapi pertanyaan Bloomberg tentang jumlah orang di pusat pendidikan dan pelatihan kejuruan Xinjiang setiap tahun dari 2017 hingga 2020, Elijan mengatakan bahwa jumlah peserta pelatihan di pusat pelatihan itu dinamis. 

Pada 9 Desember 2019, konferensi pers tentang perkembangan stabil Xinjiang mengumumkan bahwa semua peserta pelatihan untuk bahasa dan kata-kata universal nasional, pengetahuan hukum, teknik kejuruan dan de-ekstremitas telah menyelesaikan studi mereka, Mereka memperoleh pekerjaan yang stabil dan menikmati kehidupan normal.  

Sementara itu, media dari Tokyo Jepang mengajukan pertanyaan tentang proposal beberapa pejabat Uni Eropa untuk penyelidikan independen ke Xinjiang.  

Elijan mengatakan Xinjiang adalah tempat terbuka dan wilayah tersebut telah menerima lebih dari 1.000 pejabat asing dari 100 negara dan wilayah. 

"Kami menyambut teman-teman dari seluruh dunia, termasuk pejabat Uni Eropa untuk mengunjungi Xinjiang, kami menentang penyelidikan apa pun berdasarkan anggapan bersalah dan terhadap siapa pun yang melihat Xinjiang melalui lensa bias," kata juru bicara itu.  

Antara News dari Indonesia mengajukan pertanyaan tentang lonjakan tiba-tiba infeksi Covid-19 di kota Kashi.

Direktur Komisi Kesehatan Regional Xinjiang, Mutalip Rouz, mengatakan dalam konferensi pers bahwa Xinjiang telah mengambil serangkaian tindakan untuk mengendalikan lonjakan tiba-tiba tersebut. 

Antara 24 Oktober hingga 17 November 2020, total 70 pasien Covid-19 dipulangkan dari rumah sakit, dan 286 pasien tanpa gejala telah dibebaskan dari observasi medis.  

Menanggapi pertanyaan apakah Muslim di Xinjiang diizinkan untuk pergi ziarah ke Makkah di Arab Saudi tahun depan, Elijan mengatakan bahwa dari 1996 hingga 2019, Asosiasi Islam China telah mengatur lebih dari 50 ribu Muslim Xinjiang untuk terbang. 

Pada penerbangan charter yang diatur pemerintah ke Makkah, serta menyediakan perawatan medis, penerjemah, dan layanan lain dari pemerintah.  

Karena pandemi Covid-19 yang sedang berlangsung, Asosiasi Islam China menangguhkan haji 2020. Asosiasi akan memutuskan apakah ibadah haji dapat dilanjutkan pada 2021.  

"Tahun depan, kami akan melakukan pekerjaan dengan baik untuk haji menurut organisasi Asosiasi Islam China jika kondisinya memungkinkan," kata juru bicara itu.

Sumber: . https://www.globaltimes.cn/content/1207319.shtml

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement