Rabu 06 Jan 2021 06:49 WIB

Temui Wapres, Ini Gagasan Sandiaga Uno Soal Parekraf

Sandiaga ingin membangkitkan industri kreatifnya terlebih dahulu.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Esthi Maharani
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno
Foto: Antara/M Risyal Hidayat
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menemui Wakil Presiden Ma'ruf Amin pada Selasa (5/1). Dalam pertemuan tersebut, Sandiaga menyampaikan gagasannya terkait pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif usai berkeliling ke daerah wisata potensial Indonesia.

"Bagaimana agar ekonomi bangkit dari pariwisata itu salah satunya ekonomi kreatif, angle (sudut pandang) yang dia kemukakan itu ingin membangkitkan industri kreatifnya terlebih dahulu. Yang mau dia lakukan itu," ujar Juru Bicara Wapres, Masduki Baidlowi saat dihubungi terkait pertemuan, Selasa (5/1).

Sandiaga kata Masduki, saat ini lebih dulu memfokuskan industri kreatif, sebelum sektor lain dari pariwisata bangkit usai pandemi Covid-19, yakni fesyen dan kuliner.

"Pertama pada kriya-nya/kerajinan, nanti bidang fesyen dan kuliner itu berikutnya, setelah wisatanya bangkit. jadi sekarang dia memang lagi keliling-keliling ke tempat itu, dia menyerap aspirasi dan tadi dilaporkan ke Wapres," kata Masduki.

Wapres Ma'ruf pun kata Masduki, menyambut baik gagasan Menparekraf tersebut. Apalagi, sektor ekonomi kreatif menjadi salah satu fokus untuk dikembangkan.

"Wapres sangat senang kalau itu kemudian diarahkan ke eekonomi kreatif karena memang justru selama ini memang yang menjdi fokus Wapres di situ," ungkapnya.

Masduki mengatakan, Wapres rencananya akan mengumpulkan menteri menteri baru ini dengan menteri yang berada dalam koordinasi Wapres khususnya di sektor UMKM

"Rencananya nanti tanggal 7 akan dipertemukan itu menteri menteri baru itu bersama menteri menteri lain yang masih dalam fokus koordinasi Wapres, seperti UMKN, Kemenperin terkait dengan halal dan seterusnya, supaya nyambung, supaya tidak kerja sendiri-sendiri," ujarnya.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement