Sabtu 09 Jan 2021 10:51 WIB

Muslihat Besar Wanita yang Diabadikan dalam Alquran 

Alquran mengabadikan muslihat besar yang dilakukan wanita

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Nashih Nashrullah
Alquran mengabadikan muslihat besar yang dilakukan wanita. Ilustrasi wanita
Foto: Pixabay
Alquran mengabadikan muslihat besar yang dilakukan wanita. Ilustrasi wanita

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Alquran menjelaskan tentang muslihat wanita yang tak kalah dengan kaum lelaki. Bahkan Alquran menyebutkan wanita mempunyai muslihat yang besar.  

Hal ini sebagaimana ijelaskan dalam Alquran Surat Yusuf ayat 28, tentang kisah Nabi Yusuf AS:   

Baca Juga

فَلَمَّا رَأَى قَمِيصَهُ قُدَّ مِنْ دُبُرٍ قَالَ إِنَّهُ مِنْ كَيْدِكُنَّ إِنَّ كَيْدَكُنَّ عَظِيمٌ “Maka ketika dia (suami wanita itu) melihat baju gamisnya (Yusuf) koyak di bagian belakang, dia mengatakan, "Sesungguhnya ini adalah tipu dayamu. Tipu dayamu benar-benar hebat.” 

Dalam ayat diatas dijelaskan bahwa, setelah diadakan penyelidikan dan pertukaran pikiran antara menteri dengan keluarga istrinya tentang peristiwa yang terjadi ini, maka diperiksalah baju Yusuf yang sobek itu. Ternyata baju Yusuf bagian belakang yang robek.

Jelaslah dalam peristiwa ini, Yusuf yang benar tidak dapat dibantah dan diragukan lagi. Maka tuduhan perempuan itu terhadap Yusuf adalah palsu. Tapi bagaimanapun pandainya orang bersalah mengemukakan alasan - alasannya, namun yang bersalah akan diketahui juga, sesuai dengan pepatah, "sepandai - pandainya membungkus yang busuk, akhirnya akan berbau juga. 

Setelah jelas duduk perkara peristiwa ini, maka menteri berkata kepada istrinya, Sekarang jelas, engkau telah membujuk dan merayu Yusuf. Ketahuilah, bujuk rayu yang seperti itu besar bahayanya. 

Untung Yusuf seorang pemuda yang kuat imannya, tidak terpengaruh oleh godaan seperti yang engkau lakukan itu. 

Terkait ayat ini, cendekiawan Muslim asal Suriah, Prof Wahbah Az-Zuhaili, dalam al-Wajiz menulis demikian:  

“Maka tatkala suami wanita itu melihat baju gamis yusuf koyak dibelakang” dengan itu dia mengetahui kejujuran yusuf dan kesuciannya, dan bahwa wanita itulah yang berdusta. maka sang majikan pun berkata kepada wanita itu, ”Sesungguhnya kejadian itu adalah diantara tipu daya kamu, sesungguhnya tipu daya kamu adalah besar” yakini, apakah ada tipu daya yang lebih berbahaya daripada rekayasa yang ia pakai untuk membebaskan dirinya dari sesuatu yang dia inginkan dan lakukan serta tuduhan kepada Nabi Allah yusuf?” 

Sementara itu, Syekh Abdurrahman bin Nashir As-Sa’di, menuliskan dalam tafsirnya tetang ayat ini: 

“Firman Allah (فَلَمَّا رَءَا قَمِيصَهُۥ قُدَّ مِن دُبُرٖ قَالَ إِنَّهُۥ) Ketika ia melihat baju itu robek dari belakang ia berkata, “Sungguh itu (perkataan, مَا جَزَآءُ مَنۡ أَرَادَ بِأَهۡلِكَ سُوٓءًا إِلَّآ أَن يُسۡجَنَ أَوۡ عَذَابٌ أَلِيْمٌ), Apakah balasan bagi orang yang ingin berbuat buruk kepada keluargamu kecuali dipenjara atau hukuman yang pedih) (مِن كَيۡدِكُنَّۖ) adalah tipu daya kalian, wahai para wanita, (إِنَّ كَيۡدَكُنَّ عَظِيمٞ ) Sungguh, tipu daya kalian sangatlah besar. Pelajaran dari ayat:  Tipu daya wanita itu besar, dan memang seperti itu nyatanya.”

Referensi: https://tafsirweb.com/3766-quran-surat-yusuf-ayat-28.html

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement