Selasa 23 Feb 2021 18:30 WIB

DIY Laporkan 10 Kematian Baru Covid-19

Total angka kematian akibat Cpovi

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Teguh Firmansyah
Virus corona (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Virus corona (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Gugus Tugas Penanganan Covid-19 DIY melaporkan tambahan 10 angka kematian Covid-19 pada Selasa  (23/2). Kematian tersebut menambah jumlah kematian Covid-19 di DIY menjadi 652 kasus.

Juru Bicara Penanganan Covid-19 untuk DIY, Berty Murtiningsih mengatakan, kematian Covid-19 tersebut disumbang tertinggi oleh Kabupaten Bantul sebanyak lima kasus. Empat kasus meninggal dunia disumbang Kabupaten Kulon Progo dan satu kasus disumbang Kota Yogyakarta. "Persentase kematian di DIY saat ini sebesar 2,43 persen," kata Berty, Selasa (23/2).

Baca Juga

Selain itu, kasus baru positif Covid-19 juga bertambah sebanyak 228 pasien. Tambahan ini merupakan pemeriksaan terhadap 650 spesimen dari 618 orang. Berty menyebut, total kasus positif di DIY hingga 23 Februari ini sudah mencapai 26.822. "Kasus aktif di DIY sekarang ada 5.603 kasus," ujar Berty.

Adapun 228 kasus baru tersebut tersebar di seluruh kabupaten dan kota di DIY. Tertinggi dilaporkan di Kabupaten Sleman sebesar 69 kasus baru.

Disusul Kota Yogyakarta dan Kabupaten Bantul yang masing-masingnya dilaporkan 52 kasus baru. Sementara, di Kabupaten Kulon Progo dilaporkan tambahan 48 kasus baru dan tujuh kasus baru di Kabupaten Gunungkidul.  

Berdasarkan riwayat, katanya, sebagian besar kasus baru tersebut merupakan hasil pelacakan (tracing) kontak kasus positif. Setidaknya, 120 kasus baru merupakan hasil tracing.

"52 kasus baru dari riwayat periksa mandiri, dua kasus baru dari skrining karyawan kesehatan, dua kasus baru ada riwayat perjalanan luar daerah, satu kasus baru dari skrining pasien dan riwayat 51 kasus baru lainnya belum ada info," jelasnya.

Lebih lanjut, Berty juga melaporkan tambahan 239 kasus sembuh. Ratusan kesembuhan Covid-19 tersebut juga tersebar di seluruh kabupaten/kota. Kulon Progo menyumbang kesembuhan tertinggi mencapai 94 kasus sembuh.

Sementara itu, di Bantul ada tambahan 85 kasus sembuh, di Kota Yogyakarta dilaporkan 53 kasus sembuh, lima kasus sembuh di Gunungkidul dan dua kasus sembuh di Sleman.

Secara kumulatif, kesembuhan Covid-19 di DIY sudah mencapai 20.567 kasus sembuh. "Persentase kasus sembuh di DIY sebesar 76,68 persen," kata Berty.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement