Rabu 25 Aug 2021 12:25 WIB

Infografis: Taliban Ungguli Pasukan Keamanan Afghanistan

Penarikan pasukan AS membuat pasukan Afghanistan dikalahkan Taliban

Red: Nur Aini
Foto: Republika
Taliban ungguli pasukan keamanan Afghanistan

REPUBLIKA.CO.ID, Penarikan tentara Amerika Serikat (AS) dari Afghanistan membuat pasukan keamanan Afghanistan kalang kabut dalam menghadapi Taliban. Hingga pada 15 Agustus 2021, Taliban menguasai ibu kota Afghanistan dan merebut kekuasaan pemerintah. 

Faktor pasukan Afghanistan kalah dari Taliban

Pasukan hantu

Korupsi yang menjalar dalam pasukan keamanan Afghanistan, memunculkan tentara dan polisi “hantu". Mereka adalah personel yang tidak pernah muncul, tetapi nama mereka tertera dalam pembukuan sehingga para pejabat dapat mengantongi gaji mereka.

 

Kemampuan tidak merata

Pasukan Afghanistan yang benar-benar terlatih atau pasukan khusus hanya berjumlah sekitar 56 ribu. Sementara kinerja divisi militer lainnya kurang menggembirakan. Sebagian besar pengamat mengatakan, pasukan keamanan Afghanistan kurang memiliki motivasi untuk berperang

Ketergantungan pada kekuatan udara

Ketika pasukan yang kurang terlatih bertempur, mereka sering mencari dukungan udara untuk berlindung. Sementara, dari semua jenis pesawat di angkatan udara Afghanistan, hanya 25 persen yang melakukan pemeliharaan terjadwal seperti yang direkomendasikan.

Hambatan logistik

Pasokan logistik seperti peluru, persenjataan, makanan, dan bahan bakar dibawa oleh angkatan udara yang telah kewalahan akibat Taliban merebut sebagian besar wilayah perdesaan dan jalan raya.

Sumber: Los Angeles Times

Pengolah Data: Rizki Jaramaya/Nur Aini

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement