Ahad 07 Nov 2021 13:47 WIB

Arkeologi akan Masuk Kurikulum Pendidikan Dasar Arab Saudi

Arkeologi Akan Masuk Kurikulum Pendidikan Dasar hingga Menengah.

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Muhammad Hafil
Al-Kheraibah, Harta Karun Arkeologi Arab Saudi
Foto: Arab News / Saudi Tourism
Al-Kheraibah, Harta Karun Arkeologi Arab Saudi

IHRAM.CO.ID,RIYADH—Arkeologi akan dimasukkan sebagai mata pelajaran dalam kurikulum sekolah di Arab Saudi. Ketua Dewan Direksi Asosiasi Profesi Arkeologi, Dr. Saad Al-Rashed, mengumumkan bahwa kementerian Pendidikan dan Otoritas Warisan telah bekerja sama untuk menjadikan arkeologi sebagai mata pelajaran di sekolah. 

Al-Rashed mengatakan, mata pelajaran arkeologi ini akan dimasukkan dalam kurikulum pendidikan tingkat dasar hingga menengah. Saat ini telah ada tim khusus yang bertugas mempersiapkannya.

Baca Juga

Al-Rashed mengatakan bahwa pengenalan mata pelajaran arkeologi akan membantu siswa dalam meningkatkan kesadaran akan kekayaan arkeologi di seluruh wilayah Kerajaan sekaligus meningkatkan identitas nasional. Dia menambahkan bahwa upaya untuk memasukkan arkeologi dalam kurikulum pendidikan telah dilakukan selama bertahun-tahun. 

Sebelumnya, Menteri Sumber Daya Manusia dan Pembangunan Sosial Ahmed Al-Rajhi telah menyetujui pembentukan asosiasi profesional arkeologi pertama di Arab Saudi. Asosiasi yang dibentuk di bawah kepemimpinan Dr. Saad Al-Rashed tersebut dianggap sebagai salah satu perkumpulan profesional yang didirikan berdasarkan strategi Kementerian Kebudayaan untuk sektor nirlaba yang baru-baru ini disetujui oleh Pangeran Badr Bin Farhan. Asosiasi ini bertujuan untuk membangun sistem organisasi nirlaba yang beragam di berbagai sektor budaya di wilayah Arab Saudi.

Sumber

https://saudigazette.com.sa/article/613238/SAUDI-ARABIA/MoE-decides-to-include-archaeological-education-subject-in-school-curriculum-nbsp

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement