Kamis 09 Dec 2021 07:27 WIB

Barcelona Tersingkir dari Liga Champions, Xavi Berang

Barcelona finis di ketiga Grup E Liga Champions setelah dikalahkan Bayern Muenchen.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Pelatih kepala Barcelona Xavi Hernandez berang atas kekalahan timnya dari Bayern Muenchen di laga terakhir Grup E Liga Chhampions. Barcelona finis ketiga dan harus melanjutkan kiprah mereka di Liga Europa.
Foto: AP/Joan Monfort
Pelatih kepala Barcelona Xavi Hernandez berang atas kekalahan timnya dari Bayern Muenchen di laga terakhir Grup E Liga Chhampions. Barcelona finis ketiga dan harus melanjutkan kiprah mereka di Liga Europa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Xavi Hernandez terbukti tak bisa menyulap Barcelona menjadi kompetitif dalam waktu singkat. Menggantikan Ronald Koeman sebagai pelatih Blaugrana di tengah jalan, Xavi gagal membawa timnya melangkah ke babak 16 besar Liga Champions.

Barcelona yang butuh kemenangan justru dibekap Bayern Muenchen 0-3 di Allianz Arena, Muenchen, Kamis (9/12) dini hari WIB. Akibatnya, Barcelona turun ke posisi tiga Grup E, digeser Benfica yang mendampingi Muenchen ke babak gugur Liga Champions sebagai runner up.

Baca Juga

"Saya keluar dengan marah. Ini kenyataan kami dan itu membuat saya kesal. Kami harus menghadapinya," kata Xavi, dikutip Marca.

Xavi menegaskan bahwa Barcelona harus menghadapi kenyataan bahwa mereka sekarang tim Liga Europa. Raksasa Katalunya itu gagal mencapai babak gugur Liga Champions untuk pertama kalinya sejak musim 2000/01. Petualangan Barcelona akan berlanjut ke babak gugur Liga Europa.

Ini hasil yang berat bagi klub yang juga telah berjuang di kompetisi domestik dengan berada di posisi ketujuh La Liga dan 16 poin di belakang pemuncak klasemen sekaligus rival abadi Real Madrid. Barcelona juga akan kehilangan uang besar, karena menargetkan minimal mencapai babak perempat final untuk mendapatkan pemasukan signifkan.

Barca hanya berhasil mencetak dua gol dalam enam pertandingan grup Liga Champions dan gagal mencetak gol dalam salah satu dari empat pertandingan grup melawan Muenchen atau Benfica.

Mereka gagal mencatatkan tembakan tepat sasaran dalam kekalahan tiga gol melawan Bayern di Camp Nou, sebelum kembali mendeirta kekalahan tiga gol di Lisbon melawan Benfica.

Ada argumen bahwa Barca beruntung berada di posisi kedua jelang putaran terakhir pertandingan setelah striker Benfica Haris Seferovic melewatkan peluang emas dalam duel di Camp Nou, bulan lalu.

Xavi mengakui timnya tidak pantas maju ke babak 16 besar. Dia kecewa karena pasukannya tidak bisa bersaing melawan Muenchen. "Hari ini, Bayern lebih baik dari kami, mereka lebih unggul. Kami telah mencoba, kami telah menekan kuat, mengambil bola dari mereka tetapi situasi kami adalah kenyataan pahit yang kami miliki," kata Xavi.

Ia menegaskan, para pemain Barcelona harus mulai menuntut lebih banyak dari diri mereka sendiri. Barcelona, kata dia, harus menggunakan hasil buruk ini sebagai titik balik untuk mengubah banyak hal.

"Hari ini kami tidak bersaing dengan tim papan atas dan kenyataan kami adalah bahwa kami adalah tim Liga Europa. Kami akan menghadapi kenyataan ini dengan semua martabat di dunia dan bekerja untuk membawa Barca kembali ke tempat yang layak kami tuju, yang bukan Liga Europa," jelas Xavi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement