Ahad 12 Dec 2021 12:55 WIB

Manfaat Gerakan Sholat Bagi Nyeri Punggung

Gerakan sholat mirip dengan terapi pijat.

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti / Red: Ani Nursalikah
Manfaat Gerakan Sholat Bagi Nyeri Punggung
Foto: Republika/Thoudy Badai
Manfaat Gerakan Sholat Bagi Nyeri Punggung

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setiap Muslim wajib melaksanakan sholat lima waktu. Sholat memiliki tujuan memberi mereka waktu istirahat dari hal duniawi dan kembali berkomunikasi dengan Allah SWT.

Selain itu, sholat juga memiliki banyak manfaat lain, terutama kesehatan baik secara psikologis, fisik maupun spiritual. Dilansir di About Islam, secara psikologis, sholat memberikan istirahat dari rutinitas sehari-hari dan kebebasan sesaat dari tekanan mental yang datang dengan beban kehidupan sehari-hari sehingga pikiran kembali tertata.

Baca Juga

Secara spiritual, sholat memberikan kesempatan untuk berkomunikasi dengan Allah dan mengingat apa yang paling penting. Penelitian di Binghamton University di AS menunjukkan sholat juga dapat bermanfaat bagi kesehatan fisik.

Para peneliti mengatakan gerakan fisik yang dilakukan selama sholat jika dilakukan secara teratur, dan seperti yang ditentukan dapat mengurangi nyeri punggung bawah mirip dengan terapi pijat. Selain gerakan fisik, sholat bisa membuat tubuh relaksasi terutama saat seseorang terhubung dengan Allah.

Efek relaksasi pada tubuh ini dapat menurunkan tekanan darah dan detak jantung, yang pada akhirnya membantu otot menjadi rileks. Hal ini disebutkan dalam Alquran surat Ar Ra'd, ayat 28,

الَّذِينَ آمَنُوا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُمْ بِذِكْرِ اللَّهِ ۗ أَلَا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ

(Yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram.

Para peneliti menemukan sebagian besar tekanan pada punggung bawah terjadi selama gerakan membungkuk yang dikenal sebagai rukuk. Tetapi jika orang dengan nyeri punggung bawah memposisikan lutut dan punggung dengan benar, rasa sakit itu dapat dikurangi secara signifikan dengan gerakan. 

Studi tersebut menyoroti manfaat fisik dari setiap postur selama sholat, sebagai berikut. 

  1. Berdiri dapat menyeimbangkan berat badan terdistribusi secara merata.
  2. Rukuk dapat meregangkan otot-otot punggung bawah, paha, betis, dan leher sepenuhnya. Darah mengalir ke bagian atas tubuh.
  3. Bangkit dari rukuk dapat melepaskan ketegangan pada otot saat mereka rileks.
  4. Sujud dan duduk diantara dua sujud dapat meningkatkan elastisitas sendi. Selain itu, meningkatkan aliran darah ke kepala karena menurunkan jantung ke bawah sehingga dapat mengurangi tekanan darah tinggi. Ini juga memiliki efek positif pada fungsi otak seperti memori dan konsentrasi.
  5. Sujud berulang dapat menyeimbangkan dan membersihkan berbagai sistem tubuh termasuk sistem pernapasan, peredaran darah, dan saraf dengan meningkatkan dan mendorong aliran darah dan oksigenasi yang berkelanjutan ke seluruh tubuh. Ini juga membantu pencernaan dengan mendorong pergerakan isi ke saluran pencernaan.

Dengan banyaknya manfaat fisik dari setiap posisi, maka tidak heran jika orang yang rutin melakukan sholat lebih kecil kemungkinannya mengalami masalah kesehatan, khususnya pada tulang belakang dan persendian.

https://aboutislam.net/muslim-issues/science-muslim-issues/prayer-movements-reduce-back-pain/

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement