Selasa 21 Dec 2021 06:41 WIB

Pakar Virus Prancis Bawa Kabar Baik Soal Omicron

Ahli virologi menyebut omicron bisa menjadi "hadiah yang bagus".

Rep: Santi Sopia/ Red: Qommarria Rostanti
Pakar virus dari Prancis membawa kabar baik soal varian omicron (ilustrasi).
Foto: Pixabay
Pakar virus dari Prancis membawa kabar baik soal varian omicron (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Beberapa pakar virologi mengatakan, varian omicron yang saat ini menyebar dengan cepat ke seluruh dunia bisa menjadi kabar baik. Dokter dan kolumnis medis Prancis, Gérald Kierzek, telah mendengar sebagian rekannya mengatakan bahwa omicron "menghancurkan". 

"Itu tidak menghancurkan sama sekali. Bukan karena ada ledakan kasus, rawat inap,” kata dia kepada LCI seperti dilansir di Connexion France, Senin (20/12), waktu setempat.

Baca Juga

Pada 6 Desember, Menteri Sosial dan Kesehatan Prancis, Olivier Véran, mengatakan varian tersebut jelas lebih menular dan jelas tidak lebih berbahaya dibandingkan delta.

Hal ini karena omicron tampaknya menyebabkan gejala lebih ringan pada orang yang terinfeksi. Profesor Tim Spector, kepala ilmuwan di platform pelacakan gejala Covid-19 ZOE, juga mengatakan kepada Sky News, itu tampaknya merupakan kondisi yang lebih ringan dan terlihat seperti pilek parah.

 

Dia mengatakan, orang tidak lagi menunjukkan gejala "triad" klasik seperti batuk, demam, dan kehilangan atau perubahan indera penciuman dan perasa. Gejala utama yang dilaporkan oleh orang yang memiliki omicron sekarang antara lain bersin, sakit kepala, pilek, dan sakit tenggorokan.

Dari 1.000 kasus omicron yang telah dipelajari oleh tim Prof Spector sejauh ini, hampir semua orang menjadi lebih baik setelah sekitar lima hari.

Di Inggris, lebih dari 80 ribu orang telah dites positif Covid-19 setiap hari selama sepekan terakhir. Data dari Badan Kesehatan dan Keamanan Inggris menunjukkan bahwa lebih dari setengah kasus positif baru sekarang adalah omicron.

Namun, hingga Senin (20/12), situs web Pemerintah Inggris melaporkan, kematian terkait Covid-19 menurun. Rawat inap naik 8 persen dalam sepekan, tetapi ini hanya sebagian kecil dari peningkatan jumlah kasus harian, yang naik 52 persen dalam sepekan terakhir.

Pendiri situs pelacakan Covid Météo-Covid, Fabien Lacols, berusaha untuk mengekstrapolasi data terkait omicron yang saat ini tersedia. Dia telah menyarankan bahwa omicron dalam gelombang dengan tingkat insiden yang sebanding, menyebabkan rawat inap 40 persen lebih sedikit dibandingkan delta, 80 persen lebih sedikit penerimaan perawatan intensif dan 92 persen lebih sedikit kematian.

Ahli virologi, Yves Van Laetham, mengatakan kepada surat kabar Belgia La DH bahwa omicron bisa menjadi "hadiah yang bagus". Sebab ada kemungkinan omicron jadi varian yang kurang ganas dibandingkan delta. Hal ini memungkinkan orang yang tidak divaksinasi untuk mendapatkan kekebalan dengan cara yang jinak.

Namun, New York Times melaporkan, meskipun berpotensi kurang ganas, omicron jelas lebih menular dibandingkan varian sebelumnya. Selain itu juga diperkirakan menyebar dua hingga tiga kali lebih cepat dibandingkan delta, yang pada gilirannya lebih menular dibandingkan alpha. 

Baca juga : Varian Omicron akan Melumpuhkan Sistem Kesehatan Jerman

Jadi, bahkan jika itu menghasilkan gejala yang lebih ringan, banyaknya orang yang tertular pasti akan mengakibatkan peningkatan rawat inap. Itulah sebabnya varian ini mengkhawatirkan pemerintah dan otoritas kesehatan di seluruh dunia.

Omicron saat ini menyumbang 6,8 persen dari semua kasus Covid-19 Prancis, dan memperkirakan layanan informasi yang disetujui pemerintah, CovidTracker.

Namun, Prancis mengurutkan kasus potensial pada skala yang jauh lebih kecil dibandingkan Inggris sehingga jumlah sebenarnya kemungkinan akan jauh lebih tinggi.

Bagaimana varian omicron berkembang?

Varian ini muncul saat virus bereplikasi di dalam sel. Selama proses ini, kesalahan dapat terjadi dan partikel virus baru dapat diproduksi.

Ahli imunologi, dr Mathias Faure, di Centre international de recherche en infectiologie di Lyon, mengatakan kepada Le Figaro, jika partikel-partikel baru ini berhasil menghindari sistem kekebalan, itu akan perlahan-lahan mengambil alih jenis aslinya dalam hal prevalensi.“Virusnya tidak cerdas,” ujar dr Faure. 

Varian ini berkembang sesuai dengan kendala yang dikenakan padanya dan bukan untuk bertahan hidup. Secara teori, itu mungkin menjadi lebih atau kurang ganas.

Baca juga : Moderna Klaim Booster-nya Bisa Lawan Omicron

Pada awal pandemi, virus secara bertahap akan kehilangan virulensi (kemungkinan menyebabkan gejala yang parah). Berdasarkan teori  tersebut,  ketika virus berevolusi untuk bertahan hidup lebih baik, mungkin menjadi lebih menular, lalu akan melemah untuk menghindari merugikan inangnya dengan cepat. Namun sejauh ini hal itu belum terbukti menjadi kasus sebelum omicron.

Salah satu penulis studi tentang evolusi virulensi virus dalam Journal of Evolutionary Biology, Mircea Sofonea, mengatakan, infeksi oleh varian alpha mengakibatkan kematian lebih banyak dibandingkan yang disebabkan oleh jenis sebelumnya. Data terbaru juga menunjukkan bahwa varian delta lebih ganas dibandingkan alpha karena menyebabkan lebih banyak rawat inap di antara orang yang tidak divaksinasi.

Faktanya, sering kali, ketika virus bermutasi menjadi lebih mudah menular, itu juga menjadi lebih ganas, karena meningkatkan produksi partikel virusnya. Ini berfungsi untuk membuatnya lebih menular dan memperburuk gejala orang yang terinfeksi karena jumlah partikel yang bekerja pada tubuh lebih banyak. Jika omicron terbukti lebih ringan dibandingkan delta, seperti yang disarankan oleh temuan awal, itu akan melawan tren ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement