Ahad 09 Jan 2022 09:19 WIB

Cara Mengakses Laptop atau Ponsel Android dari Jarak Jauh

Anda dapat mengunduh aplikasi TeamViewer.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Ani Nursalikah
Cara Mengakses Laptop atau Ponsel Android dari Jarak Jauh
Foto: Pexels
Cara Mengakses Laptop atau Ponsel Android dari Jarak Jauh

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada kalanya Anda ingin mengakses ponsel cerdas dari jarak jauh untuk anggota keluarga Anda untuk mengelola perangkat mereka dengan lebih baik atau memecahkan masalah. Sementara beberapa dari Anda mungkin mengetahui triknya, banyak orang masih tidak menyadari ada aplikasi dan perangkat lunak di pasar yang memungkinkan Anda melakukan ini.

Apalagi, masyarakat mungkin sudah merasakan kebutuhan ini, terutama di masa pandemi virus corona yang sedang berlangsung. Inilah semua yang perlu Anda ketahui tentang bagaimana Anda dapat mengontrol perangkat Android atau laptop dari jarak jauh menggunakan perangkat lain.

Baca Juga

Anda dapat mengunduh aplikasi TeamViewer. Aplikasi ini cukup baik untuk mengelola perangkat Android dari jarak jauh. Selain itu, Anda dapat mengunduh aplikasi Any Desk untuk pengalaman yang lebih baik di ruang desktop jarak jauh di Android. Aplikasi ini dapat digunakan ketika Anda ingin mengakses komputer dari smartphone dari jarak jauh.

Bagaimana cara menggunakan aplikasi TeamViewer? Pengguna harus mengunduh aplikasi “TeamViewer QuickSupport” terlebih dahulu di ponsel pintar Android utama mereka dan meminta orang lain untuk mengunduh aplikasi “TeamViewer Remote Control” dari Google Play Store.

Pengguna desktop akan menemukan aplikasi di toko Microsoft. Setelah diunduh, jika Anda ingin mengakses perangkat sekunder, kirimkan saja ID Anda yang ada di layar ke orang lain.

Selanjutnya, aplikasi harus terbuka di kedua perangkat agar dapat berfungsi. Jika tidak, Anda akan mendapatkan pesan yang mengatakan “koneksi gagal”. Perangkat sekunder akan mendapatkan permintaan yang mengatakan, ”Apakah Anda ingin mengizinkan XXXXX untuk mendukung perangkat Android Anda dari jarak jauh.” Aplikasi ini juga akan memerlukan izin untuk “tampilkan di atas aplikasi lain”.

 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement