Kamis 20 Jan 2022 21:22 WIB

Cara Mengubah Ikon Navigasi Google Maps

Mengganti ikon navigasi hanya bisa dilakukan untuk mode berkendara mobil.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Dwi Murdaningsih
Google Maps
Foto: YouTube
Google Maps

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saat  menavigasi ke tempat manapun, aplikasi Google Maps menggunakan panah biru untuk memberi pengguna kejelasan arah mana yang harus dituju. Menggunakan ikon navigasi untuk semua perjalanan bisa menjadi hal membosankan, terutama ketika Google menawarkan beberapa ikon mobil kartun yang keren.

Jika Anda sering bepergian dan bosan menggunakan ikon navigasi yang sama, berikut ini merupakan cara mengubah panah biru menjadi mobil atau kendaraan lain dan bahkan beralih kembali ke panah biru kapan saja.

Baca Juga

Dilansir dari India Today, Kamis (20/1/2022), langkah pertama, cukup buka aplikasi Google Maps di ponsel cerdas atau tablet Anda. Langkah kedua, Anda harus mencari tujuan terlebih dahulu dengan memasukkan lokasi di bilah pencarian, yang ada di bagian atas layar.

Langkah ketiga, setelah Anda mendapatkan detail lokasi di layar, cukup ketuk “Directions”, kemudian pada tombol “Start”. Perlu dicatat bahwa jika Anda tidak menyelesaikan langkah ini, maka Anda tidak akan dapat mengubah ikon navigasi.

Langkah keempat, Google Maps sekarang akan menampilkan ikon navigasi. Anda hanya perlu mengetuknya dan aplikasi akan menampilkan empat ikon kendaraan. Pengguna kemudian dapat memilih ikon favorit mereka dengan mengetuk salah satunya.

Sebagai catatan, Anda tidak perlu mengubah ikon untuk perjalanan berikutnya dan aplikasi Google Maps akan menampilkan hal yang sama. Namun, itu akan berubah jika Anda menggunakan aplikasi navigasi dalam mode Picture in Picture (PiP). Ini hanya terjadi sementara dan ketika Anda beralih ke mode layar penuh, aplikasi akan menampilkan ikon baru kepada Anda.

Selain itu, fitur ini hanya berfungsi ketika Anda memilih navigasi dengan Drive, bukan mode transportasi lainnya. Fitur ini tidak tersedia untuk mode perjalanan lain seperti kereta api, bus dan sepeda.

Jika Anda pertama kali memilih opsi kendaraan baru dalam mode Drive lalu beralih ke mode lain, Google Maps tidak akan berfungsi. Jadi, tidak ada solusi untuk menggunakan fitur ini dengan mode transportasi lainnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement