Jumat 21 Jan 2022 17:42 WIB

Sepekan, Asing Borong TLKM Hingga ARTO

Hari ini, investor asing membukukan pembelian bersih sebesar Rp 969,91 miliar.

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Fuji Pratiwi
Warga menunjuk indeks harga saham gabungan IHSG di Depok, Jawa Barat, Kamis (30/12/2021). Sepekan ini, beberapa saham perusahaan teknologi diborong investor asing.
Foto: Antara/Sigid Kurniawan
Warga menunjuk indeks harga saham gabungan IHSG di Depok, Jawa Barat, Kamis (30/12/2021). Sepekan ini, beberapa saham perusahaan teknologi diborong investor asing.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) cukup fluktuatif dalam sepekan terakhir. Sejumlah saham mengalami penurunan signifikan dan menjadi penyebab IHSG tersungkur selama empat hari beruntun. 

Salah satunya yaitu saham PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTK) yang termasuk dalam daftar kinerja saham paling buntung selama sepakan bursa. Pada perdagangan hari ini, Jumat (21/1/2022), saham EMTK berhasil ditutup menguat sebesar 6,17 persen ke posisi 1.980.

Baca Juga

Meski demikian, dalam sepekan saham EMTK telah terkoreksi sebesar 7,04 persen. Dengan kapitalisasi pasar jumbo yang mencapai Rp 121,26 triliun, penurunan saham EMTK sempat turut menyeret IHSG ke zona merah selama beberapa hari. 

Saham sektor teknologi lainnya yang juga mengalami hal serupa dengan EMTK yaitu PT Bukalapak.com Tbk (BUKA). Raksasa e-commerce ini ringsek sebesar 6,12 persen dalam sepekan dan masih bertengger di zona merah di level 368.

Berbeda nasib, saham PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM) dan PT Bank Jago Tbk (ARTO) mencatatkan kinerja yang cemerlang. Selama sepekan terakhir, kinerja saham TLKM terpantau jauh lebih baik dibandingkan pasar dengan membukukan kenaikan harga sebesar 3,34 persen.

Bersama dengan ARTO, TLKM menjadi dua saham yang paling banyak dibeli oleh investor asing. Selama lima hari perdagangan bursa, saham ARTO mengalami kenaikan sebesar 2,29 persen dengan aksi beli bersih investor asing mencapai Rp 340 miliar.

Sementara itu, IHSG hari ini ditutup menguat signifikan setelah bergerak negatif selama sepekan terakhir. IHSG berakhir melesat ke posisi 6.726,37 atau naik sebesar 1,50 persen. Dalam sepekan, IHSG menguat tipis sebesar 0,49 persen. 

Kenaikan IHSG ini sejalan dengan indeks LQ45 yang melompat sebesar 1,74 persen. Sepanjang hari ini, investor asing membukukan pembelian bersih sebesar Rp 969,91 miliar dan dalam sepekan aksi beli bersih investor asing mencapai Rp1,2 triliun.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement