Selasa 12 Apr 2022 00:10 WIB

7 Pemikiran Tasawuf Syekh Abdul Qadir Al Jailani dan Tarekat Qadiriyahnya

Syekh Abdul Qadir Al Jailani merupakan sosok sufi sang pembaru

Rep: Hasanul Rizqa/ Red: Nashih Nashrullah
Sheikh Abdul Qadir Jailani (ilustrasi rekaan). Syekh Abdul Qadir Al Jailani merupakan sosok sufi sang pembaru
Foto: IST
Sheikh Abdul Qadir Jailani (ilustrasi rekaan). Syekh Abdul Qadir Al Jailani merupakan sosok sufi sang pembaru

REPUBLIKA.CO.ID, Syekh Abdul Qadir tidak hanya dikenal sebagai maestro dalam bidang ilmu tasawuf. 

Seperti disampaikan cendekiawan Syekh Muhammad Fadhil al-Jailani, alim tersebut juga menguasai 13 bidang ilmu sains. Menurut cucu ke-25 dari ulama abad ke-12 M itu, beberapa kajian yang digeluti sang mujadid ialah astronomi dan medis atau kedokteran.

Baca Juga

Penamaan jalan sufistiknya, yakni Tarekat Qadiriyah, cenderung mengemuka beberapa tahun sesudah wafatnya.

Sebagai catatan, Syekh Abdul Qadir berpulang ke rahmatullah pada malam Sabtu, tanggal 8 Rabiul Akhir 561 H.

Jenazahnya dimakamkan pada malam itu juga di madrasahnya, Babul Azaj, sekitaran Baghdad. Lautan manusia mengiringi prosesi pemakaman. 

Pokok ajaran tarekat itu adalah pertama, akidah yang benar. Pada masa hidupnya, Syekh Abdul Qadir selalu mewanti-wanti pentingnya berakidah seperti generasi salaf. 

Di samping itu, akidah yang dijalankannya ialah Ahlussunah waljamaah (aswaja). Caranya dengan berusaha sungguh-sungguh dalam memahami dan mengamalkan Alquran dan Sunnah Nabi SAW. 

Dengan begitu, seseorang akan mendapatkan petunjuk dalam menapaki jalan (thariq) yang menyampaikan ke hadirat Allah SWT. 

Kedua, dalam ajaran Tarekat Qadiriyah, seorang murid atau salik dituntut untuk mempunyai sikap mubtadi. Maknanya, mengikuti dengan berbagai sifat uta ma. Pada praktiknya, mereka gemar membersihkan hati dan pikiran. 

Dengan begitu, tangan dan kaki akan ringan dalam berbuat kebajikan dan menolak kemungkaran (amar ma'ruf nahi munkar). 

Ketiga, aspek sosial juga di tekankan. Para salik mesti menjaga kehormat an para mursyid, bergaul baik dengan sesama ikhwan, serta memberikan nasihat kepada sesama Mukmin.

Menjauhi permusuhan serta senang memberikan pertolongan, baik dalam masalah agama maupun dunia. Itulah cerminan pribadinya. 

Keempat, setelah ajaran dasar tersebut dihayati dan diamalkan, para murid dapat menjalani berbagai tahapan (maqam) kerohanian.

Inilah yang diistilahkan sebagai riyadhah (latihan) dan mujahadah (kesungguhan) dalam membiasakan jiwa dan raga untuk taat kepada Allah SWT.

Untuk tahap awal, mereka akan pertama-tama berbincang dengan guru. Lantas, syekh akan menyampaikan wejangan, pembaiatan, serta pembacaan doa-doa. 

Untuk tahap selanjutnya, tiap murid berkomitmen untuk menempuh jalan Illahi dengan didampingi oleh syekh.

Fase ini membutuhkan waktu yang cukup panjang, bisa menghabiskan durasi bertahun-tahun lamanya. Dalam tahapan ini, murid diberi ilmu hakikat oleh gurunya. 

Oleh sebab itu, seorang salik harus yakin atas perjuangannya dan tetap bersemangat untuk melawan hawa nafsu dan melatih dirinya. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement