Jamaah Sholat Idul Fitri Alun-Alun Bandung Membeludak Hingga Shaf Bercampur

Red: Ani Nursalikah

Senin 02 May 2022 12:05 WIB

Lapangan Gasibu, Kota Bandung, Jawa Barat dipenuhi jamaah Sholat Idul Fitri setelah dua tahun ditutup akibat pandemi Covid-19, Senin (2/5/2022). Jamaah Sholat Idul Fitri Alun-Alun Bandung Membeludak Hingga Shaf Bercampur Foto: Republika/Dea Alvi Soraya Lapangan Gasibu, Kota Bandung, Jawa Barat dipenuhi jamaah Sholat Idul Fitri setelah dua tahun ditutup akibat pandemi Covid-19, Senin (2/5/2022). Jamaah Sholat Idul Fitri Alun-Alun Bandung Membeludak Hingga Shaf Bercampur

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Warga yang melaksanakan Sholat Idul Fitri 1443 Hijriyah di Masjid Raya Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat membeludak dan meluber ke Alun-Alun Bandung hingga shaf sholat bercampur antara laki-laki dan perempuan, Senin (2/5/2022).

Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Raya Bandung KH Ayi Hasyimtak menduga antusiasme masyarakat sangat tinggi pada Lebaran 2022. Ia hanya mempersiapkan sholat untuk di dalam masjid.

Baca Juga

"Itu antusiasme yang memang tidak diprediksi juga, kami kira hanya di masjid saja yang perlu dipersiapkan, ternyata jamaah membeludak hingga ke alun-alun," kata Ayi.

Di kawasan alun-alun, tidak ada pembatas antara area sholat bagi laki-laki dan bagi perempuan. Sehingga banyak warga yang sholat secara berkelompok per keluarga.

Selain itu, di rumput alun-alun tersebut juga tidak ada tanda garis shaf sholat sehingga masyarakat mengikuti sholat dengan shaf seadanya. "Tapi, alhamdulillah kami bersama tim, pengurus di sini, berusaha semaksimal mungkin," kata dia.

Dia memperkirakan sekitar 15 ribu jamaah mengikuti sholat di Masjid Raya Bandung hingga ke Alun-Alun Bandung. Dia pun memastikan protokol kesehatan tetap ditegakkan oleh petugas DKM bagi jamaah.

"Alhamdulillah, pelaksanaan berjalan lancar, jadi kami siapkan secara protokol kesehatan, sebagainya, mudah-mudahan kita tetap terlindungi," katanya.