Sabtu 11 Jun 2022 00:48 WIB

Moderna: Vaksin Covid-19 Terbaru, Melindungi dari Omicron

Moderna sedang mempelajari vaksin booster terbaru untuk melindungi dari Covid-19

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Gita Amanda
Vaksin Moderna, (ilustrasi). Vaksin Covid-19 eksperimental Moderna yang menggabungkan suntikan aslinya dengan perlindungan terhadap varian omicron tampak berfungsi.
Foto: AP Photo/Charles Krupa
Vaksin Moderna, (ilustrasi). Vaksin Covid-19 eksperimental Moderna yang menggabungkan suntikan aslinya dengan perlindungan terhadap varian omicron tampak berfungsi.

REPUBLIKA.CO.ID, Vaksin Covid-19 eksperimental Moderna yang menggabungkan suntikan aslinya dengan perlindungan terhadap varian omicron tampak berfungsi. Moderna mengumumkan itu pada Rabu (8/6/2022) lalu.

Pembuat vaksin Covid-19 ini, sekarang sedang mempelajari vaksin booster terbaru, yang mungkin ditawarkan pada musim gugur untuk lebih melindungi orang dari lonjakan Covid-19 di masa depan.

Baca Juga

Hasil studi pendahuluan Moderna menunjukkan, orang yang diberi suntikan kombinasi mengalami peningkatan antibodi penangkal omicron yang lebih tinggi daripada jika mereka hanya mendapat dosis keempat dari vaksin asli. “Kami sangat yakin data ini mendukung pembaruan vaksin,” kata Presiden Moderna, Stephen Hoge, dilansir dari PBS.org.

Hari ini, vaksin Covid-19 semuanya didasarkan pada versi asli dari virus corona. Mereka masih memberikan perlindungan yang kuat terhadap penyakit parah, rawat inap, dan kematian bahkan setelah munculnya varian omicron yang sangat menular, terutama jika orang telah mendapatkan dosis booster awal.

Tetapi virus terus bermutasi dengan cepat, dengan cara yang memungkinkannya menghindari beberapa perlindungan vaksin dan menyebabkan infeksi yang lebih ringan. Jadi regulator AS dan Organisasi Kesehatan Dunia, sedang mempertimbangkan apakah akan memesan perubahan resep vaksin untuk putaran baru suntikan booster di musim gugur, ketika cuaca dingin dan anak-anak kembali ke sekolah diperkirakan akan mendorong lonjakan lagi.

Pertanyaan kunci, bagaimana membuat perubahan itu tanpa kehilangan perlindungan kuat yang berkelanjutan terhadap hasil terburuk Covid-19?  Dan varian apa yang tepat untuk ditargetkan?  

Setelah lonjakan omicron musim dingin yang besar, kerabat mutan yang berbeda secara genetik itu sekarang adalah ancaman utama, termasuk yang memicu gelombang infeksi AS saat ini.

Food and Drug Administration telah menetapkan pertemuan pada akhir Juni 2022, untuk para penasihat ilmiahnya memperdebatkan pertanyaan-pertanyaan itu dan mengevaluasi data dari tes pembuat vaksin tentang formula baru yang potensial. Pfizer juga sedang mempelajari suntikan kombinasi, yang oleh para ilmuwan disebut vaksin bivalen, dengan beberapa data diharapkan akhir bulan ini.

Studi baru Moderna menguji orang-orang yang telah memiliki tiga vaksinasi sebelumnya, memberi 377 di antaranya dosis keempat dari vaksin asli dan 437 suntikan kombo lainnya.

Studi ini tidak dirancang untuk melacak seberapa baik booster yang diperbarui mencegah kasus Covid-19 dan hanya diuji terhadap omicron, bukan varian yang dominan sekarang. Tetapi vaksin bivalen memicu peningkatan hampir delapan kali lipat tingkat antibodi yang mampu melawan omicron.

“Yang penting, itu 1,75 kali lebih baik daripada lompatan antibodi dari hanya memberikan dosis keempat dari vaksin asli,” kata Moderna.

Mereka mengungkapkan, data belum menjalani tinjauan ilmiah, dan pengukuran awal ini dilakukan sebulan setelah suntikan booster. Antibodi secara alami berkurang sehingga tidak jelas berapa lama perlindungan itu bisa bertahan.  

Moderna berencana untuk melacak level pada tiga dan enam bulan tetapi sudah membuat dosis untuk siap jika regulator di AS atau di tempat lain memesan perubahan untuk suntikan musim gugur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement