Senin 11 Jul 2022 16:30 WIB

Benarkan Bawah Permukaan Bulan Kaya akan Logam Mulia?

Menambang logam apa yang ada di dalam Bulan hanyalah masalah waktu saja.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Dwi Murdaningsih
Bulan
Foto: en.wikipedia.org
Bulan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bulan memiliki kerak, mantel, dan inti seperti planet Bumi. Namun, inti Bulan terdiri dari besi dan nikel, menjadikannya bulan terpadat kedua di tata surya. 

Inti bagian dalam yang padat dari Bulan berdiameter 480 kilometer. Inti luar dari besi cair mendorong total menjadi 660 kilometer. Ukuran ini kecil jika dibandingkan dengan kebanyakan benda langit lainnya yang biasanya memiliki inti yang setelah diameter keseluruhannya, seperti Bumi.

Baca Juga

Menurut Space, litosfer terdiri dari sebagian besar interior Bulan dengan ketebalan sekitar 620 mil. Mantelnya lebarnya sekitar 839 mil, sedangkan keraknya hanya 31 mil.

Anehnya, sisi Bulan yang menghadap ke Bumi memiliki kerak yang lebih tipis daripada yang menghadap jauh. Para ilmuwa ilmuwan tidak yakin mengapa hal itu terjadi.

Dilansir dari Slashgear, Senin (11/7/2022), pada suatu waktu, Bulan dikepung oleh aktivitas gunung berapi. Aliran lava yang dihasilkan membantu membentuk dataran luas yang mudah dilihat melalui teleskop.

Setelah magma mendingin, aliran lava itu memadat, yang pada gilirannya kemungkinan menyebabkan lapisan interior terbelah. Lapisan-lapisan yang berbeda dari material yang beragam ini mengklasifikasikan Bulan sebagai “dunia yang berbeda.” Seiring waktu, unsur-unsur terberat turun ke pusat Bulan sementara yang lebih ringan tetap berada di atau dekat permukaan.

Ilmuwan masih belum tahu persis bagaimana Bulan terbentuk. Teori yang berlaku adalah bahwa “protoplanet seukuran Mars” menabrak Bumi remaja dan puing-puing yang dihasilkan runtuh untuk membentuk Bulan. Analisis kimia menunjukkan komposisinya relatif dekat dengan Bumi.

Namun, para ilmuwan menemukan bahwa batuan di dataran terang (dataran tinggi bulan) sebenarnya mengandung lebih sedikit mineral logam daripada yang ditemukan di dataran yang lebih gelap.

Itu hanya masuk masuk akal jika Bumi telah membentuk inti, mantel, dan keraknya sebelum tabrakan, meninggalkan Bulan tanpa logam. Namun bebatuan yang ditemukan di dataran gelap Bulan mengandung lebih banyak logam daripada yang ditemukan di Bumi.

Pada 2011, NASA meluncurkan instrumen Miniature Radio-Frequency (Mini-RF) di atas Lunar Reconnaissance Orbiter, yang masih mengelilingi Bulan hingga saat ini. Misi aslinya adalah menemukan es di permukaan, tapi  11 tahun kemudian wahana itu menemukan sesuatu yang lain.

Saat mengukur properti listrik di tanah bulan di dalam kawah (disebut konstanta dielektrik) Mini-RF menemukan properti ini meningkat di kawah dengan lebar satu hingga tiga mil tetapi tetap sama untuk kawah yang lebarnya tiga hingga 12 mil. Essam Heggy, rekan penyelidik misi, dan ilmuwan lain mengira itu adalah korelasi yang tidak memiliki alasan untuk ada.

Menambang Bulan hanya masalah waktu

Setelah membandingkan data yang diperoleh dari Mini-RF dengan peta oksida logam yang dibuat dari LRO Wide-Angle Camera, ilmuwan mengonfirmasi bahwa kawah yang lebih besar dengan sifat dielektrik yang lebih tinggi secara langsung terkait dengan konsentrasi mineral logam.

Meskipun beberapa ratus meter pertama di bawah permukaan keperakan Bulan mungkin tidak memiliki logam mulia, semakin dalam maka semakin kaya harta karunnya.  Penemuan ini mendukung misi Gravity Recovery and Interior Laboratory (GRAIL) NASA, yang menemukan massa logam “lima kali lebih besar dari Big Island of Hawaii” di bawah South Pole-Aitken Basin.

Noah Petro, ilmuwan proyek LRO di Pusat Penerbangan Luar Angkasa Goddard NASA, mengatakan data dari Mini-RF sangat berharga. Wahana ini tidak hanya terus memberikan data tentang apa yang mungkin bersembunyi di dalam dan di bawah permukaan Bulan, tetapi juga menjelaskan bagaimana ia terbentuk. 

 
 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement