Senin 12 Sep 2022 21:34 WIB

Kasus Kematian Pasien Cacar Monyet di Los Angeles Diinvestigasi

Kematian pasien adalah satu dari dua kasus yang sedang diselidiki.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Pejabat di Los Angeles County sedang menyelidiki kematian seseorang yang terinfeksi virus cacar monyet.
Foto: Pixabay
Pejabat di Los Angeles County sedang menyelidiki kematian seseorang yang terinfeksi virus cacar monyet.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pejabat di Los Angeles County sedang menyelidiki kematian seseorang yang terinfeksi virus cacar monyet. Kepala petugas medis untuk Departemen Kesehatan Masyarakat LA, Dr Rita Singhal, mengatakan bahwa kematian itu adalah satu dari dua kasus yang sedang diselidiki apakah cacar monyet menjadi bisa menyebabkan kematian.

"Kami sedang menyelidiki kematian seseorang dengan cacar monyet di Los Angeles County. Kami masih dalam penyelidikan awal dan tidak memiliki rincian tambahan yang tersedia saat ini," kata Singhal seperti dilansir dari Fox News, Senin (12/9/2022).

Baca Juga

Di seluruh dunia, ada tujuh kematian yang dikonfirmasi di antara kasus cacar monyet di negara-negara non-endemik. Di wilayah California, jumlah kasus baru mingguan yang tercatat pada bulan Agustus tetap stabil, meskipun datanya tidak lengkap karena keterlambatan pelaporan.

“Peningkatan kasus mingguan baru dan peningkatan waktu penggandaan terus mendukung bahwa penularan virus cacar monyet melambat di L.A. County,” kata Singhal.

 

Singhal juga mengumumkan bahwa mereka telah memperluas kelayakan untuk vaksin cacar monyet dan memasukkan penduduk yang mungkin berisiko, selain mereka yang memiliki risiko terpapar saat ini.

Mereka yang saat ini memenuhi syarat meliputi; pria gay, biseksual, transgender yang berhubungan seks dengan laki-laki atau transgender; seseorang dengan jenis kelamin atau orientasi seksual apa pun yang terlibat dalam seks komersial atau transaksional; individu yang hidup dengan HIV dan terutama mereka yang tidak terkontrol atau penyakit HIV lanjut; serta orang-orang yang melakukan kontak kulit-ke-kulit atau kontak intim dengan seseorang yang diduga atau dikonfirmasi cacar monyet.

Kematian pertama yang dilaporkan dari seseorang di AS yang telah didiagnosis dengan cacar monyet terjadi di Texas bulan lalu. Departemen Layanan Kesehatan Negara Bagian Texas mengumumkan bahwa seorang dewasa di Harris County yang memiliki sistem kekebalan sangat lemah serta didiagnosis menderita cacar monyet telah meninggal.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) menunjukkan 21.894 kasus dilaporkan di AS, tetapi tidak ada kematian. Di Los Angeles County, ada 1.836 kasus pada Jumat pagi.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement