Kamis 20 Oct 2022 13:59 WIB

5 Langkah untuk Jaga Kesehatan Tulang

Mencukupi kebutuhan nutrisi dan olahraga bermanfaat untuk kesehatan tulang.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Olahraga di rumah (ilustrasi). Olahraga 30 menit sehari sebanyak tiga sampai lima kali dalam sepekan dapat membantu menjaga kesehatan tulang.
Foto: www.freepik.com.
Olahraga di rumah (ilustrasi). Olahraga 30 menit sehari sebanyak tiga sampai lima kali dalam sepekan dapat membantu menjaga kesehatan tulang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Tim Kerja Kesehatan Olahraga Kementerian Kesehatan, dr Ari Setyaningrum SpKO, mengatakan ada lima langkah untuk menjaga kesehatan tulang. Langkah pertama dimulai dari diet sehat dan kaya nutrisi untuk tulang.

"Pastikan konsumsi makanan mengandung berbagai zat yang dapat menyehatkan tulang, seperti kalsium, protein, vitamin, mineral, zinc, dan magnesium, dan mencukupi kebutuhan vitamin D dengan paparan matahari yang cukup," kata dr Ari dalam konferensi pers 20 Tahun Anlene Lawan Osteoporosis, di Jakarta, Kamis (20/10/2022).

Baca Juga

Langkah kedua untuk menjaga kesehatan tulang, menurut dr Ari, adalah meningkatkan aktivitas fisik. Cobalah untuk latihan fisik dan olahraga yang baik, benar, terukur dan teratur.

Lakukan paling tidak 30 menit sehari sebanyak tiga sampai lima kali dalam sepekan. Tidak hanya aerobik, tapi juga latihan kekuatan dan lainnya.

Ketiga, hindari merokok dan alkohol. Keduanya bisa meningkatkan risiko patah tulang akibat osteoporosis.

Keempat, waspadai atau identifikasi risiko khusus individu terhadap osteoporosis. Misalnya, ketika menyadari bahwa tinggi badan berkurang, ada riwayat keluarga, atau penggunaan obat-obatan jangka panjang.

"Juga jika ada penyakit lain yang menyertai dan perlu pengobatan steroid, misalnya," tutur dr Ari.

Kelima, jaga berat badan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement