Rabu 26 Oct 2022 20:39 WIB

MettaDC Luncurkan Data Center Berkapasitas Enterprise dan Hyperscaler

Peta Jalan Digital Indonesia 2021-2024 perlu keterlibatan semua pihak.

Rep: meiliza laveda/ Red: Joko Sadewo
Presiden Direktur MettaDC Indonesia Sukoco Halim bersama Menteri Komunikasi dan Informatika Johnnh G. Plate dan Kepala Staf Presiden Moeldoko di acara peresmian data center MettaDC ID01 di Hotel The Ritz-Carlton, Jakarta Selatan, Rabu (26/10/2022).
Foto: Istimewa
Presiden Direktur MettaDC Indonesia Sukoco Halim bersama Menteri Komunikasi dan Informatika Johnnh G. Plate dan Kepala Staf Presiden Moeldoko di acara peresmian data center MettaDC ID01 di Hotel The Ritz-Carlton, Jakarta Selatan, Rabu (26/10/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – PT MettaDC Teknologi (MettaDC) Indonesia meluncurkan data center MettaDC ID01, pada Kamis 26 Oktober 2022, yang terletak di area Jababeka Kawasan Industri Jawa Barat. Data center tersebut dibangun di atas lahan seluas 1,8 hektare dan memiliki empat jalur rute dark fiber optic yang mampu memfasilitasi IT Hall 3 lantai dengan skala kapasitas 3.000 rak serta sistem keamanan touchless hingga lebih dari tujuh lapisan.

“Data center kami memiliki kapasitas yang dapat memenuhi persyaratan enterprise dan hyperscaler. Hal ini telah mampu membangun posisi kualitas internasional yang berresonansi baik dengan pelanggan dan audiens mitra di Indonesia, Singapura, dan semakin banyak di pasar Asia,” kata Presiden Direktur PT MettaDC Teknologi Indonesia Sukoco Halim di Hotel Ritz-Carlton, Jakarta Selatan, Rabu (26/10/2022).

Data Center MettaDC ID01 menyediakan kapasitas power 30 MW untuk 3 lantai. Oleh karena itu, MettaDC ID01 dirancang high density dengan ketahanan raised floor Data Hall yang mampu menahan beban berat sebesar 2,5 ton. Dengan kemampuan ini diharapkan akan menjawab tuntutan pertumbuhan pasar dan kebutuhan penyewa yang bersertifikasi independen dengan standar internasional tertinggi.

“MettaDC merupakan fasilitas efisien yang memberikan manfaat jangka panjang kepada pelanggan melalui pengurangan biaya operasional dan inovasi dalam penyampaian alat keterlibatan klien yang terintegrasi dengan alat perencanaan dan pemantauan,” ujarnya.

Sukoco menyebut kenyamanan pelanggan sangat diperhatikan. Data Center MettaDC ID01 dilengkapi dengan sejumlah fasilitas, seperti Dedicated Working Space, Smart Meeting Room, Electric Staging Station, Entertainment Room, dan Mobil Operasional. Selain itu, MettaDC ID01 juga sudah lulus sertifikasi ISO 27001, 9001, PCI DSS, dan TVRA & Uptime Tier III design. Sementara saat ini sedang dalam tahap sertifikasi operasional TCCF dan TCOS.

Dia meyakini pentingnya kesadaran atas penguasaan data bangsa Indonesia untuk dikelola oleh rakyat Indonesia dan digunakan untuk kepentingan masyarakat. “Untuk itu, perlu peran serta semua pilar dalam mewujudkan Peta Jalan Digital Indonesia 2021-2024,” tambahnya.

Acara peresmian Data Center MettaDC juga dihadiri oleh beberapa pejabat, seperti Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Johnny G. Plate dan Kepala Staf Presiden Moeldoko. Johnny mengatakan hal yang dilakukan oleh MettaDC merupakan suatu kebanggan. Terlebih, ini merupakan karya anak bangsa di bidang digital.

“Ini merupakan suatu keberanian yang luar biasa, satu keputusan bisnis yang diambil di era yang tidak mudah di saat yang tidak atau yang mencemaskan sebetulnya sebagai akibat dari pandemi Covid-19,” kata Johnny. 

Sementara itu, Moeldoko mengatakan peluncuran data center MettaDC merupakan hal yang membanggakan. “Hal yang membanggakan dari MettaDC, investor Indonesia dan dibuat oleh anak-anak Indonesia,” tambahnya.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement