Jumat 18 Nov 2022 13:50 WIB

Pimpinan Pusat Aswaja Center Latih Para Napi Cara Mengurus Jenazah  

Aswaja Center bekali para napi kemampuan mengurus jenazah.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Nashih Nashrullah
Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Aswaja Center An Nahdliyah menggelar pelatihan mengurus jenazah (tajhizul janazah) di Rutan Kelas I Cipinang Jakarta.
Foto: dok. istimewa
Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Aswaja Center An Nahdliyah menggelar pelatihan mengurus jenazah (tajhizul janazah) di Rutan Kelas I Cipinang Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Aswaja Center An Nahdliyah menggelar pelatihan mengurus jenazah (tajhizul janazah). Acara ini berlangsung di Masjid Nurul Iman Rumah Tahanan Kelas I Cipinang Jakarta pada 16-17 November. 

Ketua Umum DPP Aswaja Center An Nahdliyah, KH Misbahul Munir, mengatakan pelatihan tajhizul janazah diikuti 325 peserta penghuni lapas Kelas I Cipinang. 

Baca Juga

Kegiatan ini bertujuan agar para peserta memiliki keahlian dalam mengurus jenazah. Sehingga semakin banyak Muslim yang mengerti ilmu tentang tajhizul janazah (mengurus jenazah) dan juga mempraktikannya. 

"Ada yang ahli baca kitab kuning tapi disuruh mengkafani jenazah gemetaran. Ada yg ahli merawat jenazah tapi ditanya kitab rujukannya tidak bisa menjelaskan. Karena bukan hanya dipersiapkan untuk menjadi  petugas jenazah, melainkan salah satu materi ilmu ini manfaat bagi semua  kalangan umat Islam," kata Kiai Misbah dalam siaran pers yang diterima Republika.co.id pada Jumat (18/11/2022). 

Pelatihan mengurus jenazah diikuti antusias oleh para penghuni lapas Kelas I Cipinang. Mereka mendapatkan berbagai materi mulai dari keadaan manusia menjelang kematian, keadaan manusia setelah kematian. 

Selain itu para peserta juga mempraktikan memandikan jenazah, mengkafani jenazah, dan praktik sholat jenazah. Bahkan para peserta juga diajarkan langsung praktik menguburkan jenazah. 

Dalam pelatihan mengurus jenazah itu para peserta yang sudah ahli mendapatkan sertifikat keahlian dalam tajhizul janazah. Selain itu DPP Aswaja Center An Nahdliyah juga memberikan buku seputar tata cara  tajhizul janazah. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement