Jumat 25 Nov 2022 13:01 WIB

Beda dengan Polsek Palmerah, Warga Salut Anggota Polsek Duren Sawit Tolak Uang

Akun @ajijanuar14 membagikan pengalaman membuat dokumen di Polsek Duren Sawit.

Status Aju Januar S mendapat ribuan respon setelah mengomentari status viral Rezki Achyana.
Foto: Tangkapan layar
Status Aju Januar S mendapat ribuan respon setelah mengomentari status viral Rezki Achyana.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Status warga bernama Rezki Achyana yang mengeluhkan layanan di Polsek Palmerah, Jakarta Barat, Kamis (25/11/2022), viral di lini masa Twitter. Rezki mengaku diteriaki 'Padang pelit!' oleh Brigadir RYP karena hanya mengucapkan terima kasih saja, setelah mengurus surat kehilangan tabungan bank.

Di antara ribuan respon yang didapat akun @rezkiachyana, ada satu komentar menarik. Adalah akun @ajijanuar14 yang membuat status hingga menimbulkan pro kontra di kalangan warganet.

Berbeda dengan Rezki, Aji Januar S malah berencana memberikan uang lelah kepada anggota Polsek Duren Sawit, Jakarta Timur, yang telah membantunya mengurus dokumen. Namun, polisi tersebut malah menolaknya.

"Saya kemarin ke Polsek Duren Sawit untuk ngurus penipuan, setelah berkas beres, saya tanya ada biayanya atau nggak. Polisinya bilang: 'Tidak ada Pak, sudah tugas kami'. Gua kaget, akhirnya gua kasih, soalnya ada yang diketik dan tulis tangan banyak banget," katanya lewat akun @ajijanuar14 dikutip di Jakarta, Jumat (25/11/2022).

Kepada Republika.co.id, Aji salut dengan anggota Polsek Duren Sawit tersebut. Dia menegaskan, niatannya memberi uang bukan sebagai bentuk gratifikasi, namun apresiasi atas bantuan yang didapatkannya.

"Jadi ceritanya karena saya biasanya kalau ke kantor polisi urus apa-apa selalu diduitin, jadi saya siapin duit, jaga-jaga kalau dimintain. Nah kemarin begitu urusan kelar, ga dimintain," kata warga Bekasi tersebut.

Aji melanjutkan, "Saya tanya biayanya, dijawab gratis. Saya tetap mau kasih, mereka tetap menolak. Jadi akhirnya tidak ada yang menerima uang dari saya."

Aji pun salut dengan personel kepolisian yang menolak pemberian uang. Karena alasan itulah, Aji membagikan pengalaman bertolak belakang dengan yang didapat Rezki di lini masa.

Hanya saja, gara-gara status yang dibuatnya, Aji juga tidak luput dari kecaman warganet. Misalnya, akun @kebohejoreborn yang langsung mencecarnya.

"Gimana yaa, mau bilang gimana caranya bebas pungli juga, kalau rakyat +62 masih banyak yang begini.. Elu gak usah sok belaga murah hati, kalau mau ngasih ucapan terima kasih, saran gw mah beliin hampers buah apa makanan, jadi dinikmati bersama sama mereka. Bukan duit. Agak be** juga ya lu," kata akun tersebut.

Akun @ruki_yahea juga menulis jika tindakan itu salah. "Ini sebenarnya dikhawatirkan masuk ranah gratifikasi, dan berisiko membahayakan karier polisi yang bersangkutan kalau sampai lupa lapor ke KPK. Lebih baik tidak dikasih apa-apa, cukup ucapan terima kasih dari hati. Sumber: sahabat saya yang PNS dan Polri."

Karena banyak yang salah paham, Aji pun menegaskan, jika polisi baik itu tetap menolak pemberian uang dari masyarakat. "Uangnya tidak diterima Kak. Saya mau ngasih, tapi ditolak sampai akhir," kata Aji.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement