Rabu 28 Dec 2022 15:15 WIB

Mendag Pastikan Stok dan Harga Bapok di Lampung Stabil Jelang Tahun Baru 2023

Pemda diminta mengendalikan inflasi di daerah dengan optimalisasi APBD.

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan meninjau harga kebutuhan pokok di Pasar Natar, Lampung Selatan, Lampung, Rabu (28/12/2022).
Foto: Itimewa
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan meninjau harga kebutuhan pokok di Pasar Natar, Lampung Selatan, Lampung, Rabu (28/12/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, LAMPUNG SELATAN--Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan memastikan, harga barang kebutuhan pokok (bapok) terpantau stabil. Selain itu, pasokannya juga disebut cukup menjelang tahun baru 2023. Mendag mengaku sudah memantau langsung stok dan harga bapok di Lampung, khususnya di Pasar Natar.

Zulkifli Hasan (Zulhas) meminta masyarakat menyambut tahun baru dengan tenang. “Kami meninjau Pasar Natar hari ini. Dari peninjauan kali ini ini, kami dapati harga-harga bapok stabil dan pasokan tersedia. Kami harap masyarakat bisa berbelanja dengan tenang menyambut tahun baru,” kata Mendag Zulhas saat meninjau Pasar Natar di Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung, dalam keterangan, Rabu (28/12/2022).

Baca Juga

Mendag mengatakan, hasil Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) persiapan Natal dan Tahun Baru di Semarang pada 2 Desember 2022 lalu, mencatat harga bapok secara umum stabil dan pasokan tersedia cukup. Zulhas juga mengaku sudah bersinergi dengan pemerintah daerah melalui dinas-dinas yang membidangi perdagangan untuk mengendalikan inflasi dengan cara mengoptimalisasi anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD).

Yakni, dengan subsidi transportasi, operasi pasar, dan pasar murah. Selain itu, pemerintah daerah agar ikut mengawasi kelancaran arus logistik dengan cara turun ke pasar dan distributor. “Sinergi dan kolaborasi dengan daerah menjadi kunci pengendalian inflasi. Pemerintah berkomitmen menjaga stok agar tersedia dan aman,” ujar Mendag.

Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional (PAN) ini mengaku, dari hasil pemantauan harga bapok di Pasar Natar, mayoritas harga bapok terpantau stabil dibanding pada pekan lalu (20/12/2022). Antara lain beras bulog Rp 9.400/kg, beras premium Rp 13.500/kg, MINYAKITA Rp 14.000/liter, minyak goreng kemasan Rp 15.000/liter, tepung terigu Rp 12.500/kg, daging sapi Rp 130 ribu/kg, daging ayam ras Rp 37 ribu/kg, telur ayam ras Rp 28 ribu/kg, dan bawang merah Rp 30 ribu/kg.

Sementara itu, komoditas yang harganya turun antara lain beras medium dari Rp 10.500/kg ke Rp 10.000/kg dan gula pasir dari Rp 15 ribu/kg ke Rp 14 ribu/kg. Sementara kenaikan harga hanya terjadi pada komoditas cabai saja. Namun, sudah mulai mengalami trend penurunan dalam beberapa pekan terakhir.

Mendag Zulhas menegaskan, akan terus memantau ketersedian stok dan harga bapok di wilayah Jawa Tengah dan Jawa Barat selama dua hari ke depan menjelang perayaan Tahun Baru 2023. Ia mengaku pemerintah bakal memastikan ketersediaan dan keterjangkauan harga bapok bagi masyarakat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement