Sabtu 07 Jan 2023 10:56 WIB

Israel Hancurkan Lagi Rumah Warga Palestina di Masafer Yatta

Perintah pembongkaran diklaim dikeluarkan karena tidak adanya izin bangunan.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
 Polisi perbatasan Israel berjaga-jaga saat buldoser Israel menghancurkan sebuah rumah di kawasan Tepi Barat Masafer dekat Yatta, 25 November 2020. Israel secara rutin menghancurkan rumah-rumah warga Palestina di Tepi Barat dengan alasan hilangnya izin bangunan di daerah tersebut. Israel Hancurkan Lagi Rumah Warga Palestina di Masafer Yatta
Foto: EPA-EFE/ABED AL HASHLAMOUN
Polisi perbatasan Israel berjaga-jaga saat buldoser Israel menghancurkan sebuah rumah di kawasan Tepi Barat Masafer dekat Yatta, 25 November 2020. Israel secara rutin menghancurkan rumah-rumah warga Palestina di Tepi Barat dengan alasan hilangnya izin bangunan di daerah tersebut. Israel Hancurkan Lagi Rumah Warga Palestina di Masafer Yatta

REPUBLIKA.CO.ID,  YERUSALEM -- Pasukan Israel pada Rabu mengeluarkan perintah pembongkaran untuk sebuah rumah Palestina di Masafer Yatta, di perbukitan Hebron selatan.

Rumah itu sedang dalam tahap konstruksi terakhir dan akan menjadi rumah bagi delapan keluarga, termasuk empat anak. Perintah pembongkaran diklaim dikeluarkan karena tidak adanya izin bangunan. Perintah itu datang sehari setelah pasukan Israel menghancurkan empat rumah dan satu barak pertanian di Masafer Yatta.

Baca Juga

“Penjajah menghancurkan rumah kami pada Maret, tetapi kami membangunnya kembali sebelum mereka menghancurkannya lagi Selasa lalu,” kata Othman Jabarin, kakek dari salah satu keluarga yang rumahnya dihancurkan kepada The New Arab.

“Sembilan orang tinggal di rumah itu, termasuk saya dan istri saya yang sudah tua, salah seorang putra kami dan keluarganya, termasuk cucu saya yang berusia 3 tahun,” kata Jabarin.

"Saya baru saja kembali dari kunjungan dokter di Hebron ketika tetangga memberi tahu saya bahwa buldoser pendudukan ada di depan rumah saya," ujar Jabarin, dilansir dari The New Arab, Sabtu (7/1/2023).

“Petugas pendudukan mengambil kunci dari tangan saya dan memerintahkan saya menjauh saat tentara melemparkan perabotan kami ke luar, dan kemudian menghancurkan rumah tersebut, seluruh keluarga saya menginap dengan kerabat, sementara saya tidur di dalam mobil," kata Jabarin.

Masafer Yatta area seluas 36 kilometer persegi di perbukitan Hebron selatan, mencakup 12 desa Palestina, rumah bagi sekitar 1.200 warga Palestina yang hampir seluruhnya terletak di Area C di bawah kendali langsung Israel. Pasukan Israel menyatakan daerah itu sebagai zona tembak pada 2000. Penduduk Palestina menghadapi perintah pengusiran dari daerah itu sejak saat itu.

Pada Mei 2022, mahkamah agung Israel menolak petisi yang diajukan oleh penduduk dari 12 desa untuk membatalkan penunjukan 'zona tembak' di daerah tersebut. Putusan itu dikecam oleh Uni Eropa dan PBB.

Pekan lalu, Israel memberi tahu kantor penghubung Otoritas Palestina bahwa semua 12 desa akan segera dikosongkan. "Israel mengatakan itu adalah evakuasi sementara untuk latihan militer, tetapi tidak ada jaminan penduduk akan diizinkan kembali ke rumah mereka," kata Jamal Jumaa, koordinator kampanye "Hentikan Tembok" Palestina.

“Ini adalah kelanjutan dari upaya Israel selama puluhan tahun untuk memaksa warga Palestina keluar dari Masafer Yatta,” kata Jumaa.

“Area itu berada di luar pusat kota besar Palestina, dikelilingi oleh tembok pemisah, dan dekat dengan perbatasan Israel tahun 1948, yang membuatnya strategis bagi Israel untuk menetap dan mencaploknya,” jelasnya.

Menurut organisasi hak asasi manusia Israel B'Tselem, pemberitahuan Israel bahwa ia bermaksud melakukan pengusiran setelah bertahun-tahun di mana negara mengambil berbagai tindakan untuk membuat kehidupan penduduk tidak dapat ditoleransi, mendorong mereka untuk meninggalkan rumah mereka seolah-olah akan bebas.

"Penduduk sekarang khawatir tentang kemungkinan pengusiran Israel kapan saja," kata Sami Hreini, aktivis dan penduduk Masafer Yatta, kepada TNA.

"Dengan penghancuran yang terjadi setiap minggu, dengan agresi pemukim dan dengan melarang kami membangun atau memutuskan kami terhubung ke air atau listrik, pendudukan telah mencoba untuk mendorong kami keluar dari Masafer Yatta atas kehendak kami sendiri,” kata Hreini.

"Setelah beberapa dekade perlawanan, sekarang mereka ingin mendorong kami keluar, dan ini lebih dekat dari sebelumnya jika tekanan internasional tidak dilakukan sekarang sebelum terlambat," jelas Hreini.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement