Sabtu 07 Jan 2023 23:37 WIB

Banyak Warga Sebatang Kara, Ini 10 Kota Tersepi di Amerika Serikat

Sekitar 29 persen rumah di AS ditempati oleh satu orang.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Fuji Pratiwi
US Capitol Building menjadi salah satu ikon Washington DC. Ada 10 kota teratas di AS yang banyak rumahnya hanya ditinggali satu orang.
Foto: Jason Reed/Reuters
US Capitol Building menjadi salah satu ikon Washington DC. Ada 10 kota teratas di AS yang banyak rumahnya hanya ditinggali satu orang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Memilih tinggal di rumah milik sendiri setelah seumur hidup tinggal bersama keluarga, mungkin bisa dianggap seperti sebuah pencapaian bagi sebagian orang. Lalu, mampu membayar sewa dan tagihan tanpa perlu orang lain menanggung biayanya, menurut pikiran banyak orang adalah sinyal kesuksesan.

Menurut data dari Biro Sensus AS, kurang dari sepertiga atau 29 persen rumah di AS ditempati oleh satu orang. Namun, beberapa kota memiliki lebih banyak penghuni solo daripada yang lainnya.

Baca Juga

Berikut adalah 10 kota teratas di AS yang banyak rumahnya hanya ditinggali satu orang. Survei hanya mempertimbangkan kota-kota dengan populasi 150 ribu dan lebih.

Di lima kota teratas, jumlah orang yang tinggal sendiri meningkat sejak 2016. Angka tersebut diperkirakan akan naik karena rata-rata usia menikah terus meningkat.

Kota paling sepi teratas adalah Washington D.C. Lebih dari 150 ribu penduduk tinggal sendirian di ibu kota negara ini. Rumah dengan berisi satu orang, mewakili hampir setengahnya yakni 48,2 persen, dari seluruh rumah.

Ada perbedaan gender yang menonjol di antara mereka yang memilih untuk hidup sendiri, 21,5 persen pria tinggal sendirian di D.C. sementara 26,7 persen wanita melakukan hal yang sama.

Dilansir dari CNBC, Sabtu (7/1/2023), para ahli mengatakan jumlah rumah berisi satu orang di sini kemungkinan akan terus meningkat, seperti yang terjadi pada 2016. Berikut urutannya:

1. Washington D.C.

2. Louis, Missouri,

3. Alexandria, Virginia

4. Richmond, Virginia

5. Cincinnati, Ohio

6. Cleveland, Ohio

7. New Orleans, Louisiana

8. Birmingham, Alabama

9. Atlanta, Georgia

10. Baltimore, Maryland

Kota paling sepi kedua adalah St. Louis, Missouri, di mana 47,5 persen rumahnya ditempati oleh satu orang. Rata-rata umlah penghuni solo di kota ini telah meningkat 1,9 persen dari tahun ke tahun sejak 2016.

Alexandria, yang merupakan bagian dari wilayah metropolitan Washington, berada di urutan ketiga. Di sini, 46,5 persen dari semua rumah tangga adalah rumah berisi satu orang.

Di seluruh negeri, wanita cenderung lebih banyak hidup sendiri daripada pria. Di St. Louis, 21,8 persen pria hidup sendiri dan 25,7 persen wanita hidup sendiri. Di Alexandria, 20,3 persen pria hidup sendiri dan 26,2 persen wanita hidup sendiri.

 

sumber : CNBC
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement