Selasa 31 Jan 2023 23:25 WIB

Aksi Mogok Nasional Operator Kereta Api di Prancis

Serikat pekerja Prancis menentang rencana pemerintah yang memperpanjang usia pensiun .

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Mohamad Amin Madani

Tanda larangan masuk di peron di stasiun Gare de Lyon di tengah gangguan layanan kereta api selama hari kedua pemogokan nasional yang dipimpin oleh serikat pekerja Prancis menentang reformasi yang direncanakan pemerintah terhadap sistem pensiun, di Paris, Prancis, Selasa (31/1/2023). The Pemerintah Prancis berencana untuk menunda usia pensiun minimum dari 62 menjadi 64 tahun pada 2030. Kereta bawah tanah ibu kota akan beroperasi pada 50 persen dan hanya pada jam-jam sibuk. (FOTO : EPA-EFE/TERESA SUAREZ)

Stasiun Gare de Lyon di tengah gangguan dalam layanan kereta selama hari kedua pemogokan nasional yang dipimpin oleh serikat pekerja Prancis menentang rencana reformasi pemerintah terhadap sistem pensiun, di Paris, Prancis, Selasa (31/1/2023). Pemerintah Prancis berencana untuk menunda pensiun minimum usia dari 62 menjadi 64 tahun pada tahun 2030. Kereta bawah tanah ibukota akan beroperasi pada 50 persen dan hanya pada jam-jam sibuk. (FOTO : EPA-EFE/TERESA SUAREZ)

Seorang penumpang berjalan melalui stasiun Gare de Lyon di tengah gangguan dalam layanan kereta api selama hari kedua pemogokan nasional yang dipimpin oleh serikat pekerja Prancis menentang reformasi yang direncanakan pemerintah terhadap sistem pensiun, di Paris, Prancis, Selasa (31/1/2023). Pemerintah Prancis berencana untuk menunda usia pensiun minimum dari 62 menjadi 64 pada tahun 2030. Kereta bawah tanah ibukota akan beroperasi pada 50 persen dan hanya pada jam-jam sibuk. (FOTO : EPA-EFE/TERESA SUAREZ)

Penumpang berdiri di stasiun Gare de Lyon di tengah gangguan dalam layanan kereta selama hari kedua pemogokan nasional yang dipimpin oleh serikat pekerja Prancis menentang reformasi yang direncanakan pemerintah terhadap sistem pensiun, di Paris, Prancis, Selasa (31/1/2023). Pemerintah Prancis berencana untuk menunda usia pensiun minimum dari 62 menjadi 64 pada tahun 2030. Kereta bawah tanah ibu kota akan beroperasi pada 50 persen dan hanya pada jam-jam sibuk. (FOTO : EPA-EFE/TERESA SUAREZ)

Seorang pria berdiri di peron kereta di tengah gangguan dalam layanan kereta selama hari kedua pemogokan nasional yang dipimpin oleh serikat pekerja Prancis menentang reformasi yang direncanakan pemerintah terhadap sistem pensiun, di stasiun Gare de Lyon di Paris, Prancis, Selasa (31/1/2023). The Pemerintah Prancis berencana untuk menunda usia pensiun minimum dari 62 menjadi 64 tahun pada 2030. Kereta bawah tanah ibu kota akan beroperasi pada 50 persen dan hanya pada jam-jam sibuk. (FOTO : EPA-EFE/TERESA SUAREZ)

inline

REPUBLIKA.CO.ID,PARIS -- Serikat pekerja menggelar aksi mogok nasional operator kereta api Prancis pada Selasa (31/1/2023).

Serikat pekerja Prancis menentang reformasi yang direncanakan pemerintah terhadap sistem pensiun. Pemerintah Prancis berencana untuk menunda usia pensiun minimum dari 62 menjadi 64 tahun pada tahun 2030. Kereta bawah tanah di ibukota Paris hanya akan beroperasi pada jam-jam sibuk.

Menaikkan usia pensiun adalah salah satu bagian dari undang-undang yang menjadi fokus Presiden Emmanuel Macron dalam masa jabatan keduanya.  Rencana itu menghadapi perlawanan yang meluas dalam masyarakat. Macron mengatakan, dia tidak akan menarik rencana reformasi usia pensiun itu

 

sumber : EPA-EFE
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement