Rabu 08 Feb 2023 10:38 WIB

Apakah Dajjal Seorang Manusia? 3 Hadits Ini Jelaskan Sosoknya

Dajjal akan muncul kelak sebagai pertanda datangnya kiamat

Dajjal/ilustrasi. Dajjal akan muncul kelak sebagai pertanda datangnya kiamat
Foto: conmedisys.com
Dajjal/ilustrasi. Dajjal akan muncul kelak sebagai pertanda datangnya kiamat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA- Kemunculan Dajjal dikaitkan dengan datangnya hari kiamat. Dajjal merupakan manusia yang mengingkari Allah SWT dan Rasululullah SAW.

Sosok Dajjal, menurut mayoritas ulama adalah manusia. Pendapat ini merupakan pandangan sejumlah sahabat yaitu Umar bin Khattab, Jabir bin Abdullah, dan Abu Dzar. 

Baca Juga

Sementara dari kalangan ulama yaitu, Ibnu Batthal, Al-Baihaqi, Ibnu Katsir, Ibnu Taimiyyah, dan As Syaukani. 

Ini merujuk sejumlah hadits Nabi Muhammad SAW yang menyatakan bahwa Dajjal adalah seorang manusia. Di antaranya adalah sebuah berikut:

Pertama

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ بَيْنَا أَنَا نَائِممٌ أَطُوفُ بِالْكَعْبَةِ فَإِذَا رَجُلٌ آدَمُ سَبْطُ الشَّعَرِ يَنْطُفُ أَوْ يُهَرَاقُ رَأْسُهُ مَاءً قُلْتُ مَنْ هَذَا قَالُوا ابْنُ مَرْيَمَ ثُمَّ ذَهَبْتُ أَلْتَفِتُ فَإِذَا رَجُلٌ جَسِيمٌ أَحْمَرُ جَعْدُ الرَّأْسِ أَعْوَرُ الْعَيْنِ كَأَنَّ عَيْننَهُ عِنَبَةٌ طَافِيَةٌ قَالُوا هَذَا الدَّجَّالُ أَقْرَبُ النَّاسِ بِهِ شَبَهًا ابْنُ قَطَنٍ

Dari ‘Abdullah bin Umar, bahwasanya Rasulullah ﷺ bersabda, “Ketika aku tidur, aku bermimpi thawaf di ka’bah, tak tahunya ada seseorang yang rambutnya lurus, kepalanya meneteskan atau mengalirkan air. Maka saya bertanya, ‘siapakah ini?’ Mereka mengatakan, ‘Ini Isa bin maryam’. Kemudian aku menoleh, tak tahunya ada seseorang yang berbadan besar, warnanya kemerah-merahan, rambutnya keriting, matanya buta sebelah kanan, seolah-olah matanya anggur yang menjorok.

Mereka menjelaskan, ‘Sedang ini adalah dajjal, manusia yang paling mirip dengannya adalah Ibnu Qaththan, laki-laki dari bani Khuza’ah.’ (HR Bukhari)

Kedua

عن عبادة بن الصامت رضي الله عنه قال:قال رسول اللهﷺ : (إن مسيح الدجال رجل قصير،أفحج،جعد،أعور،مطموس العين، ليس بناتئة و لا جحراء، فإن ألبس عليكم فاعلموا أن ربكم تبارك و تعالى ليس بأعوار)

Dari ‘Ubadah bin ash-Shamit, ia berkata, ‘Rasulullah ﷺ bersabda, ‘Sesungguhnya Dajjal adalah seorang laki-laki pendek, berkaki bengkok, keriting, buta sebelah mata, terhapus mata, tidak menonjol dan tidak bermata cekung. Jika disamarkan kepadamu, maka ketahuilah bahwa Rabb kamu tidak buta sebelah matanya.” (HR Ahmad dan Abu Dawud).

Baca juga: 4 Sosok Wanita yang Bisa Mengantarkan Seorang Mukmin ke Surga, Siapa Saja?  

Ketiga 

عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ رضي الله عنهما : أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْه وسَلَّم ذَكَرَ الدَّجَّالَ ؛ فَقَال  هُوَ أَعْوَرُ هِجَانٌ كَأَنَّ رَأْسَهُ أَصَلَةٌ، أَشْبَهُ رِجَالِكُمْ بِهِ عَبْدُ الْعُزَّى بْنُ قَطَنٍ فَإِمَّا هَلَكَ الْهُلَّكُ فَإِنَّ رَبَّكُمْ عَزَّ وَجَلَّ لَيْسَ بِأَعْوَرَ

“Dajjal matanya buta sebelah, kulitnya putih.” (Dalam satu riwayat): “Kulitnya putih seperti keledai putih. Kepalanya kecil dan banyak gerak, mirip dengan Abdul ‘Uzza bin Qathan. Jika ada orang-orang yang binasa (mengikuti fitnahnya), ketahuilah Rabb kalian tidaklah buta sebelah.” (HR Ahmad dan Ibnu Hibban)   

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement