Rabu 08 Feb 2023 18:41 WIB

Respons Gempa Turki Suriah, Rumah Zakat Kirim Tim ke Lokasi Bencana

Rumah Zakat telah mengirimkan tim Advance yang dipimpin Andri Murdianto

Merespon gempa 7,7 di Turki, Rumah Zakat, hari ini Rabu, (8/2/2023) memberangkatkan Tim dalam misi menyampaikan amanah masyarkat Indonesia dan mendistribusikan bantuan darurat ke lokasi bencana di Turki.
Foto: Dok Rumah Zakat
Merespon gempa 7,7 di Turki, Rumah Zakat, hari ini Rabu, (8/2/2023) memberangkatkan Tim dalam misi menyampaikan amanah masyarkat Indonesia dan mendistribusikan bantuan darurat ke lokasi bencana di Turki.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Merespon gempa 7,7 di Turki, Rumah Zakat, hari ini Rabu, (8/2/2023) memberangkatkan Tim dalam misi menyampaikan amanah masyarkat Indonesia dan mendistribusikan bantuan darurat ke lokasi bencana di Turki.

Korban gempa dahsyat berkekuatan 7,7 Magnitudo yang mengguncang sebagian kota di Turkiye dan Suriah, terus bertambah. Sejak gempa terjadi terdata angka korban meninggal dunia sudah menembus 6.000 orang, sementara itu 5.775 Rumah Roboh,26.725 orang luka -luka,dan 4,1 juta jiwa terdampak.

Chief Program Officer Rumah Zakat Muhammad Sobirin menyatakan pihaknya telah mengirimkan relawan advance yang akan membangun koordinasi di Turkiye, Andri Murdianto.

" Ia juga akan menyampaikan amanah donatur yang dititipkan untuk korban gempa di Turkiye" ujar dia. 

Baca juga : Cerita WNI di Turki Saat Terjadi Gempa

Saat ini terdapat beberapa kebutuhan mendesak seperti alat berat untuk membuang puing-puing, bantuan uang tunai, tenda, lembar isolasi dan NFI, bahan pemanas, makanan darurat, truk air dan pembuangan sampah, ambulans dan obat-obatan, BBM untuk mobilisasi ke rumah sakit. (Office for the Coordination of Humanitarian Affairs) Selasa, 7 Februari 2023, Pukul 14.00 WIB).

Sementara itu, Andri Murdianto, Relawan Relief menyatakan penderitaan para korban gempa kian mengenaskan. Apalagi masih banyak yang belum terevakuasi di reruntuhan. 

"Ditambah lagi sedang musim dingin, sudah pasti kebutuhan darurat, selimut dan pakaian hangat sangat dibutuhkan, Insya Allah bantuan dari masyarakat Indonesia sangat membantu" Ujar Andri yang di berangkatkan Rumah Zakat ke Turkiye.

Baca juga : Teriakan Putus Asa Korban Gempa Turki

Dalam penyaluran bantuan untuk masyarakat yang terdampak bencana di Turkiye, Rumah Zakat terus berkoordinasi dan berkolaborasi dengan Kedubes Indonesia Untuk Turkiye, FOZ (Forumh Zakat), HFI (Humanitarian Forum Indonesia), Seahum (SouthEast Asia Humanitarian Commitee), PPI (Persatuan Pelajar Indonesia), BNPB, dan Basarnas, serta NGO Setempat.

Rumah Zakat turut mengundang seluruh lapisan masyarakat untuk turut peduli dan bergerak nyata demi kemanusiaan untuk membantu masyarakat yang terdampak bencana di Turkiye, masyarakat dapat langsung membantu melalu platform online di www.rumahzakat.org/donasi/gempa-turki.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement