Jumat 17 Mar 2023 04:51 WIB

Masjid Sepi Syiar Dakwah Meski Bertebaran dan Bangunannya Megah, Tanda Kiamat?

Tanda dekatnya kiamat adalah fenomena masjid yang tak ada kegiatannya

Rep: Andrian Saputra / Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi masjid sepi.  Tanda dekatnya kiamat adalah fenomena masjid yang tak ada kegiatannya
Foto: ANTARA FOTO/Indrayadi TH
Ilustrasi masjid sepi. Tanda dekatnya kiamat adalah fenomena masjid yang tak ada kegiatannya

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Beberapa waktu lalu, sebuah organisasi dakwah kampus yakni Forum Silaturahmi Lembaga Dakwah Kampus (FSLDK) melaporkan aktivitas dakwah mahasiswa di masjid-masjid kampus mengalami kelesuan. Tercatat ada sekitar 460 LDK yang mengalami penurunan kegiatan syiar Islam di Masjid kampus. 

Terlepas dari fenomena tersebut, ajaran Islam sejatinya menyeru kepada setiap Muslim untuk memakmurkan masjid. Orang yang mau memakmurkan masjid menandakan bahwa dirinya memiliki iman. Sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW: 

Baca Juga

حَدَّثَنَا ابْنُ أَبِي عُمَرَ حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ وَهْبٍ عَنْ عَمْرِو بْنِ الْحَارِثِ عَنْ دَرَّاجٍ أَبِي السَّمْحِ عَنْ أَبِي الْهَيْثَمِ عَنْ أَبِي سَعِيدٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا رَأَيْتُمْ الرَّجُلَ يَتَعَاهَدُ الْمَسْجِدَ فَاشْهَدُوا لَهُ بِالْإِيمَانِ فَإِنَّ اللَّهَ تَعَالَى يَقُولُ { إِنَّمَا يَعْمُرُ مَسَاجِدَ اللَّهِ مَنْ آمَنَ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ وَأَقَامَ الصَّلَاةَ وَآتَى الزَّكَاةَ } الْآيَةَ قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ غَرِيبٌ

 

 

Telah menceritakan kepada kami Ibnu Abi Umar telah menceritakan kepada kami Abdullah bin Wahb dari Amru bin al Harits dari Darraj Abu as Samh dari Abu al Haitsam dari Abu Sa'id dia berkata, Rasulullah ﷺ bersabda, "Apabila kalian melihat seorang laki-laki memakmurkan masjid, maka persaksikanlah untuknya dengan keimanan, karena Allah berfirman, 'Sesungguhnya orang yang memakmurkan masjid hanyalah orang yang beriman kepada Allah dan hari akhir, mendirikan sholat, dan menunaikan zakat'." Abu Isa berkata; 'Ini hadits hasan gharib.' (HR Tirmidzi).

Lalu apakah masjid sepi pertanda akhir zaman? Para ulama berpendapat bahwa salah satu tanda kiamat sudah dekat itu adalah orang berbangga-bangga dengan megahnya masjid tapi tak dimakmurkan dengan kegiatan jamaahnya. Nabi Muhammad SAW bersabda:

لَا تَقُومُ السَّاعَةُ حَتَّى يَتَبَاهَى النَّاسُ فِي الْمَسَاجِدِ  

Artinya, “Kiamat tidak akan terjadi hingga manusia bermegah-megahan dalam membangun masjid,” (HR Abu Dawud).

Baca juga: Perang Mahadahsyat akan Terjadi Jelang Turunnya Nabi Isa Pertanda Kiamat Besar?

Karena itu sudah seharusnya umat Muslim dari setiap generasi untuk berlomba-lomba memakmurkan masjid bukan bermegah-megahan membangun masjid.

Memakmurkan masjid dapat dengan menunaikan shalat berjamaah di masjid, beritikaf, mengikuti kegiatan majelis taklim, dan kegiatan-kegiatan masjid lainnya.    

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement