Kamis 23 Mar 2023 14:28 WIB

Hadits Ini Jelaskan 2 Kebiasaan Istimewa Rasulullah SAW Selama Ramadhan

Rasulullah SAW memperlakukan Ramadhan dengan sangat istimewa

Rep: Andrian Saputra / Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi Rasulullah Muhammad SAW. Rasulullah SAW memperlakukan Ramadhan dengan sangat istimewa
Foto: republika
Ilustrasi Rasulullah Muhammad SAW. Rasulullah SAW memperlakukan Ramadhan dengan sangat istimewa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sering kita mendengar bahwa Ramadhan adalah bulan kebaikan, bahkan ganjarannya dilipatgandakan pada bulan ini. 

Inilah mengapa ketika Ramadhan Rasulullah SAW semakin memperbanyak amal ibadah. Di luar Ramadhan, Rasulullah SAW adalah sosok yang dermawan. Beliau senang berbagi kepada para sahabat terutama para kaum fakir miskin. 

Baca Juga

Sedangkan dalam banyak riwayat disebutkkan bahwa ketika Ramadhan Rasulullah SAW meningkatan kebaikan-kebaikan yang telah dilakukan di bulan-bulan selain Ramadhan. 

Bahkan dalam sebuah riwayat dijelaskan ketika Ramadhan Rasulullah SAW membaca Alquran bersama malaikat Jibril. Berikut haditsnya:  

حَدَّثَنَا مُوسَى بْنُ إِسْمَاعِيلَ حَدَّثَنَا إِبْرَاهِيمُ بْنُ سَعْدٍ أَخْبَرَنَا ابْنُ شِهَابٍ عَنْ عُبَيْدِ اللَّهِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُتْبَةَ أَنَّ ابْنَ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَجْوَدَ النَّاسِ بِالْخَيْرِ وَكَانَ أَجْوَدُ مَا يَكُونُ فِي رَمَضَانَ حِينَ يَلْقَاهُ جِبْرِيلُ وَكَانَ جِبْرِيلُ عَلَيْهِ السَّلَام يَلْقَاهُ كُلَّ لَيْلَةٍ فِي رَمَضَانَ حَتَّى يَنْسَلِخَ يَعْرِضُ عَلَيْهِ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الْقُرْآنَ فَإِذَا لَقِيَهُ جِبْرِيلُ عَلَيْهِ السَّلَام كَانَ أَجْوَدَ بِالْخَيْرِ مِنْ الرِّيحِ الْمُرْسَلَةِ

Baca juga: Perang Mahadahsyat akan Terjadi Jelang Turunnya Nabi Isa Pertanda Kiamat Besar?

Telah menceritakan kepada kami Musa bin Isma'il telah menceritakan kepada kami Ibrahim bin Sa'ad telah mengabarkan kepada kami Ibnu Syihab dari 'Ubaidallah bin 'Uqbah bahwa Ibnu 'Abbas radhiallahu'anhuma berkata, "Nabi ﷺ adalah orang yang paling lembut (dermawan) dalam segala kebaikan.

Dan kelembutan beliau yang paling baik adalah saat bulan Ramadhan ketika Jibril 'alaihissalam datang menemui beliau. Dan Jibril 'alaihissalam datang menemui beliau pada setiap malam di bulan Ramadan (untuk membacakan Alquran) hingga Alquran selesai dibacakan untuk Nabi ﷺ. Apabila Jibril 'alaihissalam datang menemui beliau, maka beliau adalah orang yang paling lembut dalam segala kebaikan melebihi lembutnya angin yang berhembus." (HR Bukhari).  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement