Sistem Satu Arah di Tol Cipali Dimulai 18 April

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Friska Yolandha

Sabtu 15 Apr 2023 10:54 WIB

Pemudik melakukan shalat shubuh saat diberlakukan sistem satu arah Tol Cipali Km 141, Indramayu, Jawa Barat, Jumat (6/5/2022). Astra Infra Toll Roada Cikopo-Palimanan atau Astra Tol Cipali memastikan siap mendukung pelaksanaan pemberlakuan sistem satu arah pada masa arus mudik dan balik libur Lebaran 2023. Foto: Tahta Aidilla/Republika Pemudik melakukan shalat shubuh saat diberlakukan sistem satu arah Tol Cipali Km 141, Indramayu, Jawa Barat, Jumat (6/5/2022). Astra Infra Toll Roada Cikopo-Palimanan atau Astra Tol Cipali memastikan siap mendukung pelaksanaan pemberlakuan sistem satu arah pada masa arus mudik dan balik libur Lebaran 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, MAJALENGKA -- Astra Infra Toll Roada Cikopo-Palimanan atau Astra Tol Cipali memastikan siap mendukung pelaksanaan pemberlakuan sistem satu arah pada masa arus mudik dan balik libur Lebaran 2023. Hal tersebut sesuai dengan Surat Keputusan Bersama yang dikeluarkan oleh Direktur Jendral Perhubungan Darat Kemenhub, Kepala Korlantas Indonesia, dan Direktur Jendral Bina Marga Kementerian PUPR terkait dengan Peraturan Lalu

Lintas Jalan Serta Penyebrangan Selama Arus Mudik dan Balik Angkutan Lebaran 2023, "Astra Tol Cipali siap mendukung pelaksanaan pemberlakuan one way di ruas Tol Cipali yang akan dimulai di tanggal 18-21 April 20 mulai dari kilometer 71 hingga kilometer 414," kata Presiden Direktur Astra Tol Cipali Firdaus Azis dalam pemaparan kesiapan menghadapi Mudik 2023 di Hotel Horison, Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, Jumat (15/4/2023).

Baca Juga

Dia memastikan, sistem satu arah rencananya juga akan dilakukan saat arus balik. Firdaus menuturkan, rekayasa lalu lintas tersebut pada arus balik akan dilakukan pada 24-26 April, 29 April, dan 2 Mei 2023 dari kilometer 414 sampai kilometer 72.

Firdaus memastikan, koordinasi akan terus lakukan dengan beberapa instansi terkait seperti Korlantas, Polda Jabar, dan kepolisian wilayah untuk mewujudkan arus mudik dan balik yang lancar dan nyaman. "Koordinasi kami lakukan terkait dengan simpul-simpul kepadatan, sarana prasarana dalam menghadapi pemberlakuan one way di Ruas Tol Cipali,” jelas Firdaus.

Dia menambahkan, untuk memastikan kelancaran arus lalu lintas selama pemberlakuan sistem satu arah, Astra Tol Cipali menyiapkan sarana dan prasarana diantaranya 5.000 rubber cone, empat tambahan kendaran derek, dan 25 redaksi rambu kebutuhan contra flow dan one way, serta water barrier sebanyak 225 buah.

Firdaus mengimbau masyarakat dapat melakukan mudik lebih awal pada 18 April 2023 untuk menghindari kepadatan selama arus mudik. "Mudik lebih awal menjadi salah satu upaya dalam menciptakan kenyamanan selama berkendara," tutur Firdaus.

Terpopuler