Senin 14 Aug 2023 22:41 WIB

Masjid dan Madrasah Togolok Moldo yang Bersejarah di Kirgistan Terancam Runtuh

Togolok Moldo adalah seorang penyair Kyrgyz dan Soviet yang terkenal.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Masjid (ilustrasi)
Foto: Dok Republika
Masjid (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, NARYN -- Masjid dan madrasah bersejarah yang dikenal dengan sebutan Togolok Moldo (Bayimbet Abdrahman uulu) yang terdapat di distrik Ak Tala, wilayah Naryn, Kirgistan terus mengalami kerusakan. Situs bersejarah ini terletak di tepi kanan Sungai Naryn dan menyimpan nilai sejarah yang signifikan bagi Kirgistan.

Seperti dilansir Aki Press, Senin (14/08/2023)  dinding madrasah mulai runtuh, penyangga kayu miring, dan secara keseluruhan terancam. Banyak kekhawatiran tentang potensi runtuhnya bangunan tersebut.

Baca Juga

Pada tahun 2019, sekelompok anggota parlemen Kirgistan mengunjungi situs tersebut setelah penduduk desa mendesak restorasi dan pemagaran wilayahnya. Sekolah madrasah yang dibangun sekitar tahun 1910 oleh Kalpa azhy, nenek moyang Togolok Moldo ini memiliki nilai sejarah yang penting.

Hal ini karena di sanalah Togolok Moldo sendiri belajar dan kemudian mengajar 30 anak. Terlepas dari upaya untuk mencari bantuan dari otoritas lokal, tidak ada kemajuan berarti yang dicapai dalam pelestarian dan rekonstruksinya.

Bayimbet Abdyrakhman uulu yang dikenal sebagai Togolok Moldo adalah seorang penyair Kyrgyz dan Soviet yang terkenal karena membawakan epik Manas.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement