Senin 15 Jan 2024 10:20 WIB

Megawati Optimistis Satu Putaran, Puan Harap Pemilu Jujur dan Adil

Megawati optimistis bisa menang satu putaran, Puan harap Pemilu 2024 jujur dan adil.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Bilal Ramadhan
Ketua DPR Puan Maharani. Megawati optimistis bisa menang satu putaran, Puan harap Pemilu 2024 jujur dan adil.
Foto: DPR RI
Ketua DPR Puan Maharani. Megawati optimistis bisa menang satu putaran, Puan harap Pemilu 2024 jujur dan adil.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Puan Maharani mengatakan bahwa komunikasi dengan lawan politik merupakan hal yang positif. Termasuk kedekatannya dengan Anies Rasyid Baswedan dan Abdul Muhaimin Iskandar (AMIN) usai debat calon presiden (capres) pada 7 Januari lalu.

"Kami berusaha untuk bisa selalu berkomunikasi, bersilaturahmi, pesta kontestasi ini adalah pesta kontestasi, pesta rakyat. Jadi kami semua berharap bahwa siapa yang ikut dalam pesta kontestasi ini bisa menjalankan pesta demokrasi ini secara jujur, adil," ujar Puan di Istora Senayan, Jakarta, Ahad (14/1/2024).

Baca Juga

Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto sendiri mengaku adanya komunikasi dengan Tim Nasional (Timnas) AMIN. Puan pun menjawab bahwa komunikasi formal dan informal akan terjalin usai pencoblosan pada 14 Februari 2024.

"Informal dan formal, kami lakukan bagaimana nantinya setelah 14 Februari itu. Ya membangun bangsa itu harus bersama-sama, tidak mungkin sendirianan membangun bangsa itu," ujar Puan.

Adapun Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri juga memasang target kemenangan untuk Ganjar Pranowo-Mahfud MD dalam satu putaran. Puan menanggapi, pihaknya akan mencoba mewujudkannya dalam 26 hari terakhir masa kampanye.

"Kita coba, Insya Allah ini waktu hanya tinggal 30 harian. Jadi kita coba dinamikanya, ini kan sekarang semuanya berusaha dan ini merupakan tantangan bagi kami untuk bisa memenangkan 14 Februari yang akan datang," ujar Ketua DPR itu.

Megawati sendiri menyampaikan rasa optimistisnya jika Ganjar-Mahfud dapat memenangkan Pilpres 2024 dalam satu putaran. Optimistisnya tersebut diungkapkan dalam peringatan HUT ke-51 PDIP.

Awalnya, Megawati memberikan pesan moral dalam berpolitik untuk menghadapi pemilihan umum (Pemilu) 2024. Tegasnya, kebenaran harus ditegakkan demi kepentingan rakyat atau yang biasa ia sebut sebagai akar rumput.

Ia juga mengutip pesan dari Sidharta Gautama tentang tiga hal yang tak bisa disembunyikan di dunia. Tiga hal tersebut adalah yakni fungsi matahari, bulan, hingga kebenaran.

Setelah menyampaikan dua pesan tersebut, ia mengaku optimistis jika Ganjar-Mahfud dapat memenangkan Pilpres 2024 dalam satu putaran. Hal tersebut dapat terwujud dengan dukungan rakyat Indonesia.

"Jadi InsyaAllah kita akan menang satu putaran. Siap?" ujar Megawati disambut teriak kesiapan kader PDIP.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement