Serba-Serbi Idul Fitri di Berbagai Negara, dari Mesir Hingga Amerika

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah

Ahad 07 Apr 2024 15:55 WIB

Mohammed El-Dahshan, seorang Mesaharati, berkeliling dengan balutan lampu LED untuk membangunkan sahur di kota Delta, Kairo, Mesir, Kamis (14/3/2024). Foto: AP Photo/Amr Nabil Mohammed El-Dahshan, seorang Mesaharati, berkeliling dengan balutan lampu LED untuk membangunkan sahur di kota Delta, Kairo, Mesir, Kamis (14/3/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Umat Islam di seluruh dunia akan segera menandai berakhirnya bulan suci Ramadhan dan mulai merayakan hari raya Idul Fitri. Idul Fitri merupakan hari di mana umat Muslim melaksanakan sholat Id berjamaah dan perayaan yang biasanya mencakup kunjungan keluarga dan kumpul-kumpul silaturahim.

Tahun ini, Idul Fitri akan datang tepat setelah perang Israel-Hamas melewati tonggak sejarah suram yang telah berlangsung selama setengah tahun. Selama bulan Ramadhan, ketika umat Islam di seluruh dunia menikmati tradisi komunitas mereka yang beragam, doa dan amal untuk warga Palestina di Gaza menjadi perhatian utama banyak orang.

Baca Juga

Berikut ini serba-serbi mengenai Idul Fitri yang didasarkan pada pertanyaan, sebagaimana dilansir Al Arabiya.

Apa itu Idul Fitri?

Ini adalah hari libur Islam yang menandai akhir Ramadhan, bulan di mana umat Islam berpuasa setiap hari mulai fajar hingga matahari terbenam. Ramadhan adalah saat memperbanyak ibadah, bersedekah, dan beramal shaleh. Idul Fitri berarti hari raya.

Kapan Idul Fitri?

Islam mengikuti kalender lunar sehingga Ramadhan dan Idul Fitri berputar berdasarkan musim. Tahun ini, hari pertama Idul Fitri diperkirakan jatuh pada atau sekitar tanggal 10 April. Tanggal pastinya mungkin berbeda antar negara dan komunitas Muslim.

Apa saja ucapan Idul Fitri yang umum?

Eid Mubarak atau Selamat Idul Fitri.

Apa saja tradisi dan adat istiadat yang terkait dengan Idul Fitri?

Di Indonesia, negara dengan penduduk mayoritas Muslim, banyak orang yang melakukan mudik ke kampung halaman untuk merayakan hari raya bersama orang-orang terkasih.

Selanjutnya...

Terpopuler