Senin 26 Jan 2015 14:49 WIB

Obama dan Atraksi Senjata Militer India

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Ilham
Barack Obama dan Narendra Modi
Foto: telegraph
Barack Obama dan Narendra Modi

REPUBLIKA.CO.ID, DELHI -- Presiden Amerika Serikat, Barack Obama menghadiri parade tahunan Hari Republik di New Delhi, Senin (26/1). Ia tiba di India pada Ahad untuk melakukan kunjungan kenegaraan atas undangan Perdana Menteri India, Narendra Modi.

Hari Republik ditetapkan pemerintah India pada 1950, tiga tahun setelah merdeka dari Inggris. Kontributor BBC Sanjoy Majumder di Delhi mengatakan, perayaan menampilkan militer India dengan para tentara bersenjata melakukan atraksi baris-berbaris.

Obama dan Modi duduk bersebelahan menonton aksi para tentara tersebut dari dalam ruang kaca anti peluru. Pengamanan terhadap tamu spesial itu memang super ketat selama di India.

''Hari ini adalah tentang patriotisme dan saya beruntung jadi bagian dari itu. Apalagi ada tamu seperti Obama, ini menjadi lebih spesial,'' kata seorang pelajar yang menonton parade, Ajith Kumar.

Sementara, Modi mengatakan kunjungan tersebut adalah perjalanan baru dari kerjasama India dengan AS. Kedua pihak juga telah mengumumkan kesepakatan terkait kerjasama dalam teknologi nuklir.

Dilansir dari BBC, Ahad (25/1), India tidak main-main dalam mempersiapkan pengamanan terhadap Obama. Sebagai orang nomor satu di Amerika, dia dilindungi ribuan personel keamanan yang diterjunkan di Delhi. Sebanyak 15 ribu kamera keamanan dipasang, sejumlah ruas jalan diblokade dan di beberapa tempat dibuat dinding dari karung pasir.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement