Jumat 31 Jul 2015 08:43 WIB

7 Tahun lagi, India Lampaui Cina

Rep: Sapto Andika/ Red: Esthi Maharani
Bendera India (Ilustrasi).
Foto: IST
Bendera India (Ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, DUBAI - Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) memprediksi populasi dunia mencapai 8,5 miliar jiwa pada tahun 2030, 9,7 miliar pada tahun 2050, dan melampaui 11 miliar jiwa pada tahun 2100.

Diprediksikan, India akan melampaui Cina sebagai negara yang paling padat penduduknya dalam kurun waktu sekitar tujuh tahun dari sekarang. Selain itu Nigeria diprediksi menyalip Amerika Serikat untuk menjadi dunia ketiga negara terbesar sekitar 35 tahun dari sekarang.

Selain itu, laporan tersebut mengungkapkan selama periode 2015-2050, setengah dari pertumbuhan penduduk dunia diperkirakan akan terkonsentrasi di sembilan negara: India, Nigeria, Pakistan, Republik Demokratik Kongo, Ethiopia, Tanzania, Amerika Serikat, Indonesia dan Uganda.

Saat ini, Cina dan India tetap kedua negara terbesar di dunia dalam hal populasi, masing-masing dengan lebih dari satu miliar orang, mewakili 19 dan 18 persen dari populasi dunia. Namun pada 2022, populasi India diperkirakan mengungguli Cina.

Dilansir laman Al Arabiya, Kamis (30/7), di antara 10 negara terbesar di dunia saat ini, satu di Afrika (Nigeria), lima berada di Asia (Bangladesh, China, India, Indonesia, dan Pakistan), dua di Amerika Latin (Brazil dan Meksiko), satu di Utara Amerika (AS), dan satu di Eropa (Federasi Rusia).

Laporan ini juga memproyeksikan bahwa pada tahun 2050 populasi enam negara diperkirakan melebihi 300 juta: China, India, Indonesia, Nigeria, Pakistan, dan Amerika Serikat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement