Rabu 02 Dec 2015 09:02 WIB

Lima Fakta Menarik Presiden Putin

Vladimir Putin
Vladimir Putin

REPUBLIKA.CO.ID, Nama Presiden Rusia Vladimir Putin kembali mencuat setelah keputusannya melibatkan Rusia dalam pertempuran di Suriah pada akhir September lalu.

Dalam satu pekan terakhir, Putin juga terlibat perang kata-kata dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan setelah jet tempur Ankara menembak jatuh pesawat tempur Moskow. Berikut lima fakta menarik soal Vladimir Putin:

Agen KGB

Presiden Putin dilahirkan pada 1952 di St Petersburg (Leningrad). Setelah lulus dari Universitas Leningrad, Putin memulai kariernya sebagai agen intelijen KGB pada 1975.

Namun, ketertarikan Putin dalam dunia intelijen sudah muncul sejak lama. Sebelum lulus sekolah, ia bahkan sudah ingin bekerja di dunia intelijen. Ia pergi ke kantor Direktorat KGB untuk mencari tahu cara menjadi agen.

Menyusul jatuhnya Soviet pada 1991, ia berhenti dari KGB dengan pangkat kolonel. Ia pulang ke Leningrad dan mendukung politikus liberal Anatoly Sochak. Saat Sochak terpilih menjadi wali kota Leningrad (1991), Putin menjadi kepala hubungan luar dan wakil pertama wali kota (1994).

Setelah Rochak kalah pada 1996, ia mundur dari jabatannya dan berangkat ke Moskow. Pada 1998 ia ditunjuk sebagai wakil kepala manajemen pemerintahan Presiden Boris Yeltsin. Pada 1999 Boris Yeltsin menunjuknya sebagai perdana menteri.

sumber : Putin.Kremlin.ru/encyclopedia.com/history.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement