Sabtu 25 Jun 2016 12:41 WIB

Muslim Inggris Khawatir dengan Hasil Brexit

Muslimah Inggris
Foto: in-islam.com
Muslimah Inggris

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Muslim Inggris di London khawatir setelah hasil keputusan referendum yang memenangkan kelompok Brexit. Mereka tidak tahu nasibnya ke depan setelah Inggris keluar dari Uni Eropa.

"Sebelumnya saya berpikir Inggris keluar dari Uni Eropa hanya lelucon, namun setelah BBC dan media berita lain melaporkan saya mulai mengkhawatirkan keluarga saya," ujar Brit Sajda Khatun, imigran yang tinggal di Whitechapel.

Khatun seperti keluarga Bangladesh lainnnya tinggal di Menara Hamlet. Mereka datang ke Inggris pada akhir tahun 1970-an setelah perang kemerdekaan negara itu pada 1971.

Menara Hamlet merupakan konsentrasi terbesar komunitas Muslim di Inggris dan Wales. Khatun tampak berjalan di sebuah tokoh grosir untuk membeli makanan buat berbuka puasa. Sama dengan Muslim lainnya di London, Khatun dan keluarganya ikut berpuasa selama Ramadhan.   "Buat semua yang tinggal di Hamlet ini seperti akan menjadi buruk buat kita," ujarnya.

Ia menceritakan bagaimana Muslimah kerap kali mendapat diskriminasi di jalan. Belum lagi jika pemerintahan baru nanti memangkas anggaran buat membantu parai migran.

Baca juga, Donald Trump Puji Langkah Inggris Keluar dari Uni Eropa.

Inggris merupakan salah satu negara dengan tingkat Islamofobia cukup besar di Eropa. Mereka khawatir, kemenangan Brexit yang didukung kelompok antimigran akan semakin membuat Muslim terdiskriminasi.

sumber : middleeasteye.net
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement