Kamis 14 Jul 2016 07:46 WIB

'Sebagai Muslim Inggris, Saya Takut Theresa May Jadi Perdana Menteri'

Perdana Menteri Inggris baru Theresa May mendapat tepuk tangan dari anggota parlemen dari Partai Konservatif di Houses of Parliament di London, Senin, 11 Juli 2016.
Foto: AP Photo/Max Nash
Perdana Menteri Inggris baru Theresa May mendapat tepuk tangan dari anggota parlemen dari Partai Konservatif di Houses of Parliament di London, Senin, 11 Juli 2016.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Surat terbuka disampaikan Muslim Inggris menyusul terpilihnya Theresa May menjadi Perdana Menteri menggantikan David Cameron. Dalam suratnya yang dipublikasikan Independent, Sahen Sattar menyinggung Undang-Undang Counter Terrorism and Security Bill 2015 yang dianggap menyudutkan Muslim.

Theresa May dianggap berperan penting dalam lahirnya aturan itu. Aturan tersebut membungkam suara Muslim di universitas yang ingin berpendapat saat kuliah maupun pelajaran karena khawatir dianggap ekstremis.

"Sudah jelas aturan ini memberi ruang warga untuk menjadi Islamofobia dengan memberi pandangan terorisme adalah 'masalah Muslim'" tulisnya.

Theresa May merupakan perdana menteri wanita kedua Inggris setelah Margareth Thathcer. Ia terpilih menjadi pemimpin Partai Konservatif setelah PM David Cameron mengundurkan diri menyusul hasil Brexit.

 May, kata Sattar, mengklaim telah memperkuat respons terhadap terorisme sejak menjadi Menteri Dalam Negeri. Namun pada kenyataannya ia hanya membuat Muslim Inggris semakin sedikit yang mengidentifikasikan budaya Inggris.

Menurut Sattar, dengan keinginannya menjadi Iron Lady di abad moderen, ia justru khawatri akan membuat komunitas Muslim kian tersudut. Pada 2015, May bahkan mendapat penghargaan Islamophobe of the Year dari Komisi Hak Asasi Manusia Islam.

Baca juga, Theresa May PM Baru Inggris yang Boikot Pendakwah Zakir Naik.

Sudah terbukti, saat May menjadi menteri dalam negeri, ia menciptakan atmosfer kebencian dan kekerasan terhadap Muslim. "Kenaikannya sebagai perdana menteri sangat berat untuk dirayakan jika Anda menjadi seorang Muslim seperti saya," ujarnya.

sumber : Independent
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement