Jumat 12 Aug 2016 07:52 WIB

Budaya dan Kuliner Indonesia Dipromosikan di Qatar

Sate Ayam
Sate Ayam

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- KBRI Doha menggelar promosi budaya dan kuliner "Wonderful Indonesia" di Qatar dalam rangka memperingati 40 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Qatar yang dibuka sejak 1976.

Promosi kuliner menampilkan aneka kue tradisional disertai penjelasan asal daerah antara lain jajanan pasar khas Jawa Timur, aneka getuk Jawa Tengah, ketan srikaya Sumatera, wajik dari Jawa Barat serta bolu kukus, apem gula merah, onde-onde, pisang ijo dan jalangkote dari Sulawesi, lemper Sumatera, demikian kata Counsellor KBRI Doha, Boy Dharmawan, Jumat (12/8).

Promosi budaya dan kuliner Indonesia dihadiri tamu asing termasuk 16 istri Dubes negara sahabat di Doha. Antara lain dari ASEAN seperti Malaysia, Singapura, Vietnam, Brunei, Thailand, Filipina dan negara lainnya. "Delicious", tutur istri Dubes Thailand, Benj Chaiyindeepum, ketika ditanya pendapatnya mengenai sajian kuliner Indonesia.

Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP), KBRI Doha, Andi Una Sidehabi, mengatakan promosi kuliner dan budaya Indonesia bertujuan untuk meningkatkan citra kuliner di kalangan perwakilan asing di Qatar.

Istri Dubes menyampaikan apresiasi kepada wakil perwakilan asing khususnya istri para Dubes yang antusiasme menikmati promosi kuliner.

Para tamu asing mencicipi berbagai kudapan yang disajikan seperti bakso ikan kuah, nasi goreng, ikan tenggiri saos tiram, udang bumbu lemon, ayam goreng asam manis, tahu goreng, mie goreng udang, sate ayam, gado-gado, acar dan salad sayuran. "Wonderful culinary", ujar istri Dubes Singapura Shirley Wong, sambil mencicipi beragam makanan tradisional.

Promosi kuliner dan kue tradisional juga dimeriahkan beragam kerajinan tangan. Para tamu diajak membuat tas anyaman Tasik decoupape seni dekoratif potong memotong dan menempelkan kertas serta mempermanis dengan cara melukis pada tas rajutan.

Tamu yang hadir mendapat souvenir berupa tas kain Jogya, celemek batik dan tas anyaman hasil praktek, serta aneka kue tradisional.

Melihat animo tamu asing terhadap kuliner Indonesia, Dubes RI untuk Qatar, Muhamad Basri Sidehabi berencana akan kembali mengelar seni budaya dan kuliner yang lebih besar. "Acara Wonderful Indonesia merupakan diplomasi multi-track yang efektif guna mempromosikan pariwisata Indonesia," kata dia.

Counsellor Boy Dharmawan, mengatakan kegiatan tersebut merupakan upaya KBRI mempromosikan pariwisata termasuk kerja sama dengan TV Aljazeera dan Qatar Airways yang juga diliput media Qatar, seperti Gulf Times, Gulf Tribunedan The Peninsula.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement