Senin 16 Jan 2017 02:26 WIB

Siapa Dina Habib, Wanita Arab-Amerika yang Ditunjuk Jadi Penasihat Trump

Rep: Fuji E Permana/ Red: Teguh Firmansyah
Dina Habib Powel
Foto: AEI
Dina Habib Powel

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Presiden Amerika terpilih Donald Trump menunjuk Dina Habib untuk menjadi asisten presiden dan penasihat senior di bidang ekonomi.

Sebagaimana dilansir dari Al Arabiya pada Senin (16/1), Habib lahir pada 1973 di Kairo, Mesir sebelum orang tuanya berimigrasi ke Amerika. Dia bekerja sebagai petugas administrasi mantan Presiden Amerika, George Bush. Ia juga bertugas mengawasi program amal sebelum bergabung dengan Goldman Sachs dan menjadi direktur pelaksana.

Sebelumnya, Habib juga pernah bekerja di Departemen Luar Negeri sebagai asisten di bidang Budaya dan Pendidikan. Setelah itu dia menjadi Sekretaris Departemen, Condoleeza Rice.

Habib yang menjabat presiden Goldman Sachs Foundation telah mengawasi salah satu bank terbesar. Termasuk mengawasi program 10 ribu wanita, program yang membantu para pengusaha wanita di seluruh dunia.

Salah satu kisah sukses dari program yang diawasinya adalah kisah Eudiji Mijboub. Eudiji merupakan seorang wanita Nigeria yang dibantu membuka bisnis katering mengunakan modal sebesar delapan dolar pada 2007. Sekarang, Eudiji memiliki memiliki restoran terbaik di Lagos, Nigeria.

Baca juga,  Donald Trump Menangkan Pilpres AS.

Selain itu, Babib juga bermitra dengan bank dunia untuk membantu 100 ribu usaha kecil dan menengah yang dijalankan wanita di seluruh dunia. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement