Selasa 07 Mar 2017 19:52 WIB

915 Koin Dikeluarkan dari Perut Seekor Penyu

Rep: Fuji Pratiwi/ Red: Ilham
Seekor penyu (Ilustrasi).
Seekor penyu (Ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, BANGKOK -- 915 koin berhasil dikeluarkan dari perut seekor penyu di Thailand. Penyu bernama Bank itu menelan koin-koin yang dilemparkan para wisatawan.

Dokter hewan di Kota Sri Racha melakukan operasi dan berhasil mengeluarkan lima kilogram koin dari perut penyu betina berusia 25 tahun itu. Beratnya koin yang ditelan Bank bisa merusak karapas ventralnya dan memicu infeksi. Di Thailand, melempar koin ke penyu bisa membawa keberuntungan bagi seseorang.

Bank dibawa ke fasilitas kedokteran hewan Universitas Chulalongkorn dan ditangani empat dokter hewan saat operasi. Untuk mengeluarkan 915 koin dalam perut Bank, para dokter hewan butuh waktu empat jam dengan memberi bius total pada penyu itu.

''Hasil operasi memuaskan. Tinggal kita lihat seberapa cepat Bank bisa pulih,'' kata salah satu dokter hewan yang mengoperasi Bank, Pasakorn Briksawan seperti dikutip Live Science, Senin (6/3).

Pemulihan Bank juga akan dilakukan di RS Hewan Universitas Chulalongkorn. Bank akan diberi makanan cair setidaknya hingga dua pekan.

Penyu hijau bisa hidup hingga usia sekitar 80 tahun. Namun, spesies ini sendiri masuk dalam daftar spesies terancam punah dalam Redlist IUCN.

Ketua tim operasi Bank yang juga Kepala Pusat Penelitian Hewan Perairan Univesitas Chulalongkorn, Nantarika Chansue mengaku geram mengetahui sebab operasi terhadap Bank dilakukan. ''Saya marah pada orang-orang itu. Apa mereka tidak berpikir hal itu bisa menyengsarakan penyu?'' kata Chansue.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement