Senin 18 Dec 2017 04:21 WIB

Kalifornia Siapkan 110,2 Juta Dolar AS Atasi Kebakaran Hutan

The Thomas fire membakar taman hutan nasional Los Padres National, Kalifornia, Jumat (8/12) waktu setempat.
Foto: Noah Berger/AP
The Thomas fire membakar taman hutan nasional Los Padres National, Kalifornia, Jumat (8/12) waktu setempat.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Departemen Perlindungan Kebakaran Kalifornia dan Kehutanan (Cal Fire) menyiapkan anggaran khusus guna mengatasi "Thomas Fire". Cal Fire menyiapkan dana sebanyak 110.2 juta dolar AS guna mengatasi kobaran api selama 12 hari berturut-turut itu.

Mark Brown, Kepala Satu Seksi Operasi di Cal Fire, mengatakan bahwa kebakaran hutan ini merupakan ketiga yang terbesar sejak tahun 1932. Tercatat kebakaran melanda 267.500 hektare lahan, dan sejauh ini 40 persen kebakaran telah dikendalikan.

"Sebanyak 8.500 petugas pemadam dari sedikitnya selusin negara bagian memerangi kebakaran besar tersebut, dengan bantuan 32 helikopter dan lima pesawat," katanya.

Brown mengatakan, petugas pemadam dengan susah payah mencoba memerangi kebakaran sementara angin berembus kencang.

Biaya untuk memadamkan kebakaran itu melonjak dari 89 juta juta dolar AS yang diumumkan pada Jumat cuma dalam waktu 24 jam.

Kebakaran tersebut, yang dipicu angin kencang, menyebar dengan cepat ke arah Montecito, kota pantai dengan 20.000 warga yang terkenal karena tempat pelancongan mewahnya dan mansion selebritas, 160 kilometer di sebelah barat-laut Los Angeles.

"Thomas Fire", yang mulai pada 4 Desember di Ventura County, begerak ke arah barat-laut ke Kabupaten Santa Barbara pekan lalu, dan menghancurkan sebanyak 1.000 bangunan serta menewaskan dua orang di sana termasuk seorang petugas pemadam.

Pada Sabtu, perintah pengungsian dicabut di Ventura County sementara diperbarui di Santa Barbara County, untuk masyarakat di sekitar Montecito.

sumber : Antara/Xinhua-Oana
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement