Sabtu 10 Feb 2018 15:17 WIB

Israel Akui Pesawatnya Ditembak Jatuh di Suriah

Militer Israel menargetkan pesawat tak berawak Iran di Suriah.

Rep: Puti Almas/ Red: Esthi Maharani
Pesawat Tempur Israel
Foto: PALESTINIAN INFORMATION CENTER
Pesawat Tempur Israel

REPUBLIKA.CO.ID,  TEL AVIV -- Sebuah jet tempur Israel dilaporkan telah ditembak jatuh di Suriah. Hal itu disebut terjadi setelah militer Israel menargetkan pesawat tak berawak yang diklaim Israel diterbangkan Iran di negara itu.

Menurut Israel, pesawat tempur dengan jenis F-16 dikerahkan ke Suriah sebagai balasan peluncuran pesawat tak berawak Iran ke Israel. Namun, saat menargetkan pesawat Iran itu, militer Suriah menembakkan senjata antipesawat.

"Pemerintah Suriah telah melepaskan tembakan setelah tindakan agresi Israel dilakukan untuk mencegah pesawat tak berawak Iran yang diluncurkan dari Suriah dan akan menyusup ke Israel," ujar pernyataan militer Israel, dilansir BBC, Sabtu (10/2).

Aktivitas dari pesawat tak berawak Iran dilaporkan telah diidentifkasi dengan cepat dan diawasi secara ketat oleh Israel. Pesawat itu dilaporkan mendarat di wilayah yang diklaim sebagai teritori israel. Peringatan terdengar khususnya di bagian utara dan Dataran Tinggi Golan.

Selama ini serangan yang diluncurkan Israel di Suriah jarang sekali terjadi. Karena itu, hal ini menandakan adanya salah satu eskalasi paling serius dalam konflik yang terjadi di negara Timur Tengah itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement