Kamis 29 Jan 2015 18:16 WIB

Hamas: Hizbullah Punya Hak untuk Melawan Israel

Rep: c84 / Red: M Akbar
Juru bicara Hamas, Sami Abu-Zuhri.
Foto: Reuters
Juru bicara Hamas, Sami Abu-Zuhri.

REPUBLIKA.CO.ID, GAZA -- Hizbullah mendapat banyak dukungan dari sejumlah faksi di Palestina terkait konfliknya melawan Israel. Juru bicara Hamas di Gaza, Sami Abu Zuhri, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa apa yang dilakukan Hizbullah sudah benar terkait serangannya ke Israel.

Zuhri menilai Hizbullah mempunyai hak membalas serangan yang dilakukan Israel yang menewaskan enam pasukannya dan seorang jenderal Iran. Tak hanya Hamas, kelompok sayap Jihad Islam yang berbasis di Gaza, al-Quds Brigade, juga menyampaikan dukungannya kepada Hizbullah dalam peperangan melawan Israel di dekat Shebaa Farms di Lebanon Selatan.

Sayap kiri Front Palestina untuk Pembebasan Palestina (PFLP) pun demikian, PFLP menyambut baik serangan Hizbullah terhadap Israel, dan memandang apa yang dilakukan Hizbullah merupakan tindakan heroik. Juru Bicara Komite Perlawanan Rakyat (PRC), Khaled el-Azbat, juga mengutarakan hal serupa.

"Setiap tindakan perlawanan yang dilakukan siapapun terhadap pasukan pendudukan Israel baik di Lebanon Selatan atau di bagian yang diduduki dari tanah Arab dan Palestina, kami tentu menyambut," katanya, seperti dilansir Xinhua, Kamis (29/1).

Sebelumnya, Sebuah serangan rudal oleh Hizbullah telah menewaskan 15 tentara Israel di perbatasan Libanon tersebut. Pejabat militer Israel menyatakan keadaan darurat militer menyusul serangan itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement