Jumat 30 Jan 2015 19:36 WIB

Bantu Hamas, Muslim Kanada Dianggap DukungTeroris

Rep: c84/ Red: Agung Sasongko
Muslim Kanada
Foto: www.patdollard.com
Muslim Kanada

REPUBLIKA.CO.ID, KANADA -- Setelah merebaknya Islamofobia di sejumlah negara Eropa, kali ini giliran sebuah kelompok Muslim di Kanada yang mendapat tuduhan telah memberikan bantuan kepada gerakan Hamas di Palestina. Asosiasi Muslim Kanada (MAC), dituding memberikan bantuan sebesar 300 ribu dolar Amerika untuk kelompok IRFAN-Kanada, yang dianggap sebagai kelompok teroris oleh Pemerintah Kanada karena keterlibatannya dengan Hamas, seperti dilansir ibtimes, Jumat (30/1).

Sebuah laporan oleh Toronto Sun pihak berwenang telah melakukan investigasi terkait masalah tersebut. MAC telah membeli sedikitnya 11 bangunan di Ontario, Quebec dan Alberta sejak 2006 untuk membangun  sejumlah bangunan seperti masjid, pusat-pusat komunitas dan sekolah di Kanada. Selain itu, Pemerintah Kanada menuduh MAC telah memberikan bantuan 14.600.000 dollar Amerika pada 2010-2011  kepada IRFAN-Kanada yang disalurkan kepada Hamas.

Dalam sebuah pernyataan, MAC membantah semua tuduhan pendanaan dan hubungan dekat dengan kelompok Hamas. MAC mengatakan, pemberian bantuan kepada IRFAN terjadi tatkala organisasi itu belum dikategorikan sebagai kelompok teroris oleh Pemerintah Kanada beberapa tahun lalu.

Namun, setelah kelompok itu dianggap sebagai kelompok teroris pada 2011 lalu, MAC dengan segera menghentikan segala bantuannya.IRFAN dan Hamas sendiri dianggap oleh Kanada sebagai kelompok teroris, hal ini sejatinya tidaklah mengejutkan mengingat Kanada adalah salah satu negara yang memiliki hubungan dekat dengan Israel yang merupakan musuh terbesar Hamas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement